Sukabumi Update

5 Cara Mengatasi Depresi di Tempat Kerja yang Perlu Diketahui

Ilustrasi atasi depresi ditempat kerja dengan ngobrol bersama rekan kerja | Foto : Pexels.com /@YanKrukau

SUKABUMIUPDATE.com - Jika merasa tidak nyaman dan tertekan dari hal-hal pekerjaan, mungkin depresi sedang memasuki kehidupan kerja Anda. Jika kita menghadapi depresi di rumah, kita juga menghadapinya di tempat kerja.

Depresi tidak bisa disembuhkan dalam semalam, namun ada banyak cara untuk mulai merasa lebih baik. Selain mendapatkan pengobatan untuk depresi, ada banyak langkah kecil yang dapat diambil untuk membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Tempat kerja terkadang juga berkontribusi terhadap depresi, tergantung pada tingkat stres atau ketersediaan dukungan. Sulit memotivasi diri sendiri untuk hadir di rapat, mengatur tugas pekerjaan sehari-hari, atau bahkan terhubung dengan kolega atau klien saat Anda merasa sedih.

Baca Juga: Viral Video Bobob, Bocah SD di Sukabumi yang Selamatkan Bu Guru dari Tokek

Jika Anda menyadari bahwa depresi memengaruhi kehidupan kerja, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan sedikit motivasi, istirahat, atau kelegaan sepanjang hari. Berikut cara mengatasi depresi di tempat kerja :

1. Kenali gejala Anda

Pertama, identifikasi di mana area masalahnya. Apakah Anda kesulitan fokus? Tidak dapat memenuhi tenggat waktu? Menghindari percakapan dengan rekan kerja? Setelah mengetahui apa masalahnya, Anda dapat menetapkan tujuan kecil dan membuat rencana tindakan untuk menjalani hari itu.

2. Identifikasi beberapa hal kecil yang membuat Anda bahagia

Karena depresi menghabiskan energi, motivasi, dan minat, penting untuk mengidentifikasi hal-hal dalam pekerjaan atau lingkungan kerja yang memberi kesenangan atau perasaan pencapaian. Misalnya, mungkin berjalan-jalan sebentar untuk minum kopi di kedai kopi favorit memberikan kegembiraan, atau makan siang bersama rekan kerja membuat kesedihan Anda berkurang.

Mungkin Anda menyukai satu tugas tertentu di tempat kerja. Apa pun hal membahagiakan, jadwalkan hal itu dalam kegiatan sehari-hari sebagai hadiah kecil karena telah melewati hal-hal yang kurang menyenangkan. Momen-momen indah tersebut mungkin terasa kecil, terutama jika dibandingkan dengan perasaan yang ditimbulkan oleh depresi, namun momen-momen tersebut tetap dapat membantu menemukan titik terang dalam keseharian untuk membantu Anda tetap mengerjakan tugas.

Baca Juga: Ada Baliho dan Spanduk, 15 Ribu APK Disita dari Jalanan Kota Sukabumi

3. Ngobrol dengan rekan kerja jika itu terasa nyaman

Saat kita depresi, kita cenderung mengasingkan diri dan menutup diri. Akan tetapi, itu sebenarnya adalah hal terburuk yang bisa kita lakukan. Menghindari orang lain dapat memperburuk dampak depresi pada pekerjaan dan membuat Anda lebih sulit menjalani hari.

Tidak semua orang bisa terbuka kepada rekan kerja mereka, dan tidak semua tempat kerja memiliki ruang aman yang memungkinkan karyawan mendiskusikan kesehatan mental mereka. Jika itu masalahnya, ada baiknya jika Anda membicarakan masalah dengan teman. Hal ini mungkin dapat membantu meringankan beban.

4. Istirahat yang cukup

Segalanya terasa menyakitkan ketika mengalami depresi, dan memaksakan diri untuk duduk di depan komputer, menghadiri rapat, atau melayani pelanggan berjam-jam adalah cara yang bagus untuk mulai merasa lebih buruk. Kapan pun Anda merasa kewalahan, kelelahan, kehilangan fokus, atau tidak merasa termotivasi atau tertarik, itu adalah cara otak Anda mengatakan inilah waktunya untuk istirahat. Cobalah untuk membuat waktu istirahat menjadi bermakna.

Baca Juga: Jalan Alternatif 3 Kecamatan Terancam, Dampak Longsor di Cibadak Sukabumi

5. Segera jalani pengobatan

Bagi banyak orang, mencari pengobatan adalah langkah besar menuju sisi lain dari depresi. Perawatan yang paling umum untuk depresi adalah:
● psikoterapi, atau terapi bicara
● obat-obatan, seperti antidepresan
● rutinitas perawatan diri

Sumber : PschCentral

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT