Sukabumi Update

Pusing Ketombe Susah Hilang? Yuk Coba Atasi dengan 7 Bahan Alami Ini

Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang ditandai dengan pengelupasan kulit mati yang berlebihan. (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang ditandai dengan serpihan kulit mati yang berlebihan. Serpihan ini dapat berwarna putih atau kekuningan dan dapat berjatuhan ke bahu. Ketombe tidak menular dan tidak berbahaya, tetapi dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur Malassezia. Jamur ini adalah jamur yang hidup secara normal di kulit kepala, tetapi dapat berkembang pesat jika kulit kepala terlalu berminyak atau kering.

Selain itu, ketombe dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan, tetapi tidak berbahaya. Ada beberapa cara untuk mengatasi ketombe, salah satunya secara alami. Bahan-bahan alami ini dipercaya bisa mengatasi ketombe yang membandel.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meskipun Bersikap Baik Padamu

Ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe, antara lain:

1. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan jamur Malassezia penyebab ketombe. Untuk menggunakan cuka apel untuk mengatasi ketombe, campur 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil juga mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi ketombe. Untuk menggunakan tea tree oil untuk mengatasi ketombe, campur 10 tetes tea tree oil dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 7 Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Luka Batin, Yuk Kenali Bunda

3. Lidah Buaya

Sifat antiinflamasi dan melembabkan pada lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan dan kekeringan kulit kepala. Untuk menggunakan lidah buaya untuk mengatasi ketombe, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

4. Lemon

Lemon memiliki sifat asam yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab ketombe. Untuk menggunakan lemon untuk mengatasi ketombe, oleskan perasan lemon ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

5. Baking Soda

Sifat antibakteri dan antijamur pada baking soda dapat membantu melawan jamur Malassezia penyebab ketombe. Untuk menggunakan baking soda untuk mengatasi ketombe, campurkan 2 sendok makan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kepribadian, Kamu Salah Satunya?

6. Oatmeal

Oatmeal menyimpan sifat antiinflamasi dan melembabkan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kekeringan kulit kepala. Untuk menggunakan oatmeal untuk mengatasi ketombe, campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan yang dapat membantu melembabkan kulit kepala dan rambut. Untuk menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi ketombe, oleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT