Sukabumi Update

RSU Hermina Sukabumi Beri Edukasi Bijak Penggunaan Antibiotik, Ini Tujuannya

RSU Hermina Sukabumi menggelar workshop bertema 'DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang) Penggunaan Antibiotik di Rumah dengan Bijak' pada Rabu (29/11/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah Sakit Umum (RSU) Hermina Sukabumi, bersama dengan 46 RS Hermina di Indonesia, menggelar workshop 'DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang) Penggunaan Antibiotik di Rumah dengan Bijak'.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 200 peserta ini untuk di Sukabumi digelar di ruang tunggu RSU Hermina Sukabumi pada Rabu (29/11/2023) dan digelar sebagai bagian dari dukungan dan partisipasi RS Hermina dalam kampanye global 'World Antibiotic Awareness Week' yang berlangsung sepanjang pekan lalu.

Kepala Departemen Penunjang Medis PT Medikaloka Hermina Tbk, dr. Tantiyo Setiyowati, MH. Kes mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang penggunaan antibiotik.

"Tujuan utama dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang Resistensi Antimikroba (AMR) atau dikenal oleh masyarakat dengan penggunaan antibiotik melalui komunikasi dan edukasi yang efektif. Inisiatif ini selaras dengan visi RS Hermina yaitu Tumbuh, Sehat, dan Berumur Panjang,” ujar dr. Tantiyo kepada sukabumiupdate.com pada Rabu (29/11/2023).

Baca Juga: Program Green Hospital, RSU Hermina Sukabumi Tanam Pohon dan Buat Taman

Kegiatan itu juga melibatkan beberapa pembicara yang sengaja dihadirkan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat atau pasien di Ruang Tunggu RSU Hermina.

"Kegiatan ini dirancang secara strategis untuk keluarga pasien yang berada di poliklinik rawat jalan atau di ruang tunggu obat di farmasi dengan pembicara dan moderator dari Apoteker PIC PPRA Farmasi atau Farmasi klinis serta dokter RS Hermina," kata dia.

Terlebih kata dr Tantyo, RS Hermina Sukabumi berkomitmen dalam perannya untuk menunjang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui Dagasibu tersebut.

"RS Hermina Sukabumi tetap berkomitmen terhadap perannya dalam kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui Dagasibu, RS Hermina juga bertujuan untuk memberdayakan keluarga dengan pengetahuan untuk Mendapatkan (Memperoleh), Menggunakan (Memakai), Menyimpan dan Membuang antibiotik secara bijak," ucapnya.

Dia juga menyebut kegiatan itu merupakan wujud dedikasi RS Hermina dalam edukasi kesehatan terhadap masyarakat sebagai upaya kolektif dalam perjuangan global melawan Resistensi Antimikroba.

"Kegiatan ini menggarisbawahi dedikasi RS Hermina Sukabumi terhadap edukasi kesehatan yang proaktif, menekankan penggunaan antibiotik yang bertanggung jawab sebagai upaya kolektif dalam perjuangan global melawan Resistensi Antimikroba," pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT