Sukabumi Update

5 Daftar Buah yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi - Buah yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi adalah buah-buahan yang mengandung nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. (Sumber : Pexels)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah buah-buahan yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, seperti:

Kalium

Kalium adalah mineral yang membantu mengatur tekanan darah. Tubuh membutuhkan kalium untuk menjaga keseimbangan elektrolit, yang penting untuk fungsi jantung dan pembuluh darah. Buah-buahan yang tinggi kalium adalah semangka, pisang, kiwi, stroberi, dan blueberry.

Magnesium

Magnesium adalah mineral lain yang membantu menurunkan tekanan darah. Magnesium membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Buah-buahan yang tinggi magnesium adalah pisang, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Kenali

Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Kerusakan pembuluh darah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Buah-buahan yang tinggi antioksidan adalah buah beri, jeruk, dan tomat.

Berikut adalah 5 buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Semangka

Semangka mengandung kalium yang tinggi, yang membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, semangka juga mengandung citrulline, yang dapat diubah menjadi arginine dalam tubuh. Arginine membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 10 Ciri Laki-laki yang Memiliki Mental Kuat, Tidak Banyak Mengeluh!

2. Pisang

Pisang juga mengandung kalium yang tinggi, serta magnesium yang membantu mengendurkan pembuluh darah. Magnesium juga membantu mengurangi stres dan ketegangan, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C dan E yang tinggi, yang membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Kiwi juga mengandung kalium dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah.

4. Stroberi

Stroberi mengandung anthocyanin, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Stroberi juga mengandung kalium dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 11 Ciri Orang Punya Mental Kuat Dibalik Sikapnya yang Dewasa

5. Blueberry

Blueberry mengandung anthocyanin, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Blueberry juga mengandung kalium dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT