Sukabumi Update

Suka Dijual Dipinggir Jalan, Ini Sederet Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Ilustrasi - Jambu kristal adalah buah yang lezat dan kaya akan nutrisi. Konsumsi jambu kristal secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. (Sumber : Pixabay.com/@congtytrienminh.)

SUKABUMIUPDATE.com - Jambu kristal memang sering dijual di pinggir jalan. Hal ini dikarenakan jambu kristal adalah buah yang mudah dibudidayakan dan harganya terjangkau. Selain itu, jambu kristal juga memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan.

Secara umum, jambu kristal adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Ini adalah varietas jambu biji dengan daging buah berwarna putih, renyah, bercita rasa manis, dan biji yang sedikit.

Mengutip Alodokter, dalam 100 gram jambu kristal, bisa memperoleh 61 kalori dan nutrisi-nutrisi di bawah ini:

  • 83 gram air
  • 1 gram protein
  • 15 gram karbohidrat
  • 5 gram serat
  • 103 miligram kalium
  • 41 miligram fosfor
  • 31 miligram kalsium
  • 116 miligram vitamin C

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Berikut adalah beberapa manfaat jambu kristal untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jambu kristal mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan penting yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

2. Menjaga kesehatan mata

Jambu kristal mengandung vitamin A yang tinggi, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah rabun senja, degenerasi makula, dan katarak.

Baca Juga: 7 Cara Berkelas dan Elegan Saat Menghadapi Orang-orang yang Sering Meremehkan

3. Mencegah kanker

Jambu kristal mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kanker.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Jambu kristal mengandung serat yang tinggi, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jambu kristal mengandung kalium yang tinggi, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 10 Sikap Berkelas yang Harus Dimiliki Agar Kamu Tidak Diremehkan Orang Lain

6. Membantu menurunkan berat badan

Jambu kristal merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Serat dapat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT