Sukabumi Update

8 Manfaat Berendam di Kolam Air Panas yang Baik Untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi - 8 Manfaat Berendam di Kolam Air Panas yang Baik Untuk Kesehatan Mental (Sumber : Freepik/vwalakte)

SUKABUMIUPDATE.com - Berlibur dengan mengunjungi pemandian air panas bisa menjadi alternatif wisata di musim hujan seperti sekarang. Selain dapat menghangatkan tubuh, berendam di kolam air panas juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tak heran jika destinasi wisata pemandian air panas selalu dikunjungi banyak wisatawan setiap musim libur tiba seperti akhir pekan.

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat utama berendam di kolam air panas untuk kesehatan.

Baca Juga: Ada Kolam Air Panasnya, Berenang di Kuningan Sambil Menikmati View Persawahan

1. Relaksasi Otot

Air panas dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini dapat memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa sakit pada otot-otot yang tegang.

2. Peningkatan Sirkulasi Darah

Suhu air panas dapat membantu memperluas pembuluh darah, meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan oksigenasi sel-sel tubuh.

3. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Berendam di air panas dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Cuma Rp 35 Ribu! Nikmati Kolam Air Panas, Waterpark dan View Gunung Cikuray

4. Pengobatan Pernafasan

Uap air panas dapat membantu membuka saluran pernapasan dan membantu meredakan gejala pilek, flu, atau alergi pernapasan. Ini dapat memberikan bantuan bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan seperti asma.

5. Pemulihan Cedera

Suhu air panas dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area yang terkena, yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan cedera otot atau sendi.

6. Meningkatkan Kualitas Kulit

Air panas dapat membuka pori-pori kulit dan membersihkan kotoran dan minyak berlebih. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan memberikan tampilan yang lebih segar.

Baca Juga: 5 Pemandian Air Panas di Sukabumi, Cocok Jadi Lokasi Liburan Akhir Tahun

7. Penurunan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berendam di air panas secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang memiliki dampak positif pada kesehatan jantung.

8. Peningkatan Kesehatan Mental

Aktivitas berendam di kolam air panas dapat menjadi momen relaksasi yang membantu mengurangi tingkat kelelahan mental, meningkatkan suasana hati, dan memperbaiki kesejahteraan secara keseluruhan.

Meskipun berendam di kolam air panas memiliki banyak manfaat, penting untuk mengingatkan bahwa individu dengan kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit jantung, diabetes, atau tekanan darah tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis sebelum melakukan aktivitas ini. Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan kolam air panas dan mengikuti aturan keamanan yang berlaku.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT