Sukabumi Update

Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Berikut 4 Penyebabnya

Ilustrasi seorang perempuan sakit kepala saat bangun tidur. (Sumber : istockphoto.com/@torwai)

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur siang merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dari aktivitas yang sudah dilakukan di pagi hari. Dengan melakukan tidur siang tubuh akan menjadi lebih segar dan siap untuk beraktivitas kembali.

Namun, sebagian orang bukannya merasa segar, melainkan merasa pusing dan sakit kepala saat bangun tidur siang. Kok bisa, apa saja penyebabnya?

Dilansir dari hellosehat.com, ada beberapa penyebab terjadinya sakit kepala setelah bangun tidur siang menurut National Sleep Foundation, Berikut penyebabnya:

1. Masalah atau gangguan pernapasan

Masalah pernapasan bisa menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur siang, masalah pernapasan ini salah satunya bisa ditandai dengan mendengkur.

Selain mendengkur, penyakit pernapasan lainnya seperti TBC, emfisema, dan penyakit paru lainnya dapat mengganggu kualitas tidur siang hingga mengakibatkan pusing atau sakit kepala.

2. Posisi tidur atau jenis bantal yang salah

Penggunaan bantal yang tidak sesuai dan tidak nyaman dapat mengakibatkan sakit kepala. Misalnya bantal yang terlalu keras atau posisi bantal yang tidak sesuai, hal tersebut dapat membuat otot leher menegang hingga terasa pegal dan sakit yang mengarah pada sakit kepala.

Baca Juga: 5 Cara Redakan Sakit Kepala Bagian Belakang yang Bisa Dicoba di Rumah

Dalam hal ini dianjurkan menggunakan bantal yang dapat menahan kepala dan leher dengan posisi yang pas dan terasa nyaman. Jika kamu harus tidur siang dalam perjalanan, disarankan untuk membawa bantal khusus untuk bepergian, seperti bantal leher.

3. Bruxism atau kebiasaan gemeretak gigi

Bruxism atau menggemeretakkan gigi pada saat tertidur biasanya terjadi tanpa disadari.

Orang yang mengalami bruxism cukup parah dan sering bisa menyebabkan otot pipi, dagu, hingga pelipis tertarik lebih dari biasanya sehingga hal tersebut menyebabkan sakit kepala saat bangun dari tidur.

4. Kurang tidur

Kurangnya tidur di malam hari bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun dari tidur siang. Hal ini dikarenakan tidur malam tidak bisa digantikan oleh tidur siang, sementara tubuh kamu benar-benar membutuhkan istirahat yang cukup.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun dari tidur siang.

Cara mengatasi permasalahan tersebut tentunya berbeda-beda. Seperti misalnya bruxism, yang dapat diatasi dengan penggunaan pelindung mulut. Dan jika sakit kepala disebabkan oleh penggunaan bantal yang tidak tepat, maka cobalah untuk menggunakan bantal yang tidak terlalu keras dan terasa nyaman untuk menahan leher dan kepala saat tidur.

Selain itu, usahakan untuk tidur siang dengan waktu yang cukup dan tidak terlalu lama. Cukup tidur 10-30 menit saja manfaat tidur siang sudah pasti didapatkan. Karena apabila semakin lama kamu tidur, maka kemungkinan untuk sakit kepala dan sulit tidur di malam hari semakin besar.

Disarankan baiknya untuk tidur siang itu dilakukan ketika sekitar jam 2 siang. Di waktu ini biasanya kamu akan mengalami rasa kantuk setelah perut terisi penuh di jam makan siang. Selain itu, tidur di waktu tersebut juga cenderung tidak akan mengganggu waktu tidur di malam hari.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT