Sukabumi Update

10 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Darah Tinggi

Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita darah tinggi (Sumber : RM Dapoer Muara Kenari)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita darah tinggi atau hipertensi perlu memperhatikan pola makan mereka untuk mengontrol tekanan darah.

Ada banyak makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak berdampak tidak baik untuk kesehatan baik jangka panjang maupun pendek.

Untuk Anda penderita darah tinggi, berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari:

Baca Juga: 11 Rekomendasi Makanan Terbaik Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

1. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang tinggi garam, seperti makanan olahan, makanan cepat saji, dan camilan asin sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Lemak jenuh, terutama yang berasal dari makanan olahan, daging berlemak, dan produk susu tinggi lemak, sebaiknya diminimalkan karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan memperburuk tekanan darah.

3. Makanan Tinggi Gula

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan resistensi insulin, yang dapat memperburuk tekanan darah. Hindari minuman manis, permen, kue-kue, dan makanan manis lainnya.

Baca Juga: 8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

4. Makanan Tinggi Kafein

Kafein dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi dalam jumlah yang berlebihan.

5. Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan tinggi kolesterol, seperti telur, makanan laut berlemak (contohnya udang dan kepiting), dan makanan olahan yang mengandung lemak trans sebaiknya dibatasi.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya tinggi garam, lemak jenuh, dan kalori, sehingga sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Baca Juga: Hati-hati ya Bunda! Ini 6 Makanan yang Bisa Menyebabkan Anak Obesitas

7. Makanan Tinggi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, dan pasta putih, dapat meningkatkan gula darah dan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Lebih baik pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, beras merah, dan quinoa.

8. Alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Batasi konsumsi alkohol atau hindari sama sekali.

9. Makanan Tinggi Sodium

Selain garam, perhatikan juga asupan makanan yang mengandung natrium tinggi seperti daging asap, daging kaleng, keju, dan makanan olahan.

Baca Juga: 11 Jenis Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

10. Makanan dengan MSG

MSG (Monosodium Glutamat) dapat ditemukan dalam makanan olahan, makanan cepat saji, atau makanan yang disajikan di restoran. Beberapa orang dengan hipertensi melaporkan sensitivitas terhadap MSG yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin memiliki respons yang berbeda terhadap makanan tertentu.

Jadi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Selain menghindari makanan-makanan tersebut, penting juga untuk memperhatikan porsi makan, mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan sumber protein rendah lemak.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT