Sukabumi Update

Bisa Mengatur Kadar Gula Darah Juga, Ini 7 Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat petai untuk kesehatan termasuk bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh (Sumber : Freepik/mrsiraphol)

SUKABUMIUPDATE.com - Petai adalah jenis buah tropis yang populer di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Petai biasa dijadikan sebagai lalapan maupun diolah dengan dicampurkan dengan berbagai bahan makanan lain seperti ikan jeroan dan lain-lain.

Selain rasanya yang unik dan aromanya yang terkenal menyengat, petai juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan salah satunya bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, ada banyak khasiat lain dari petai, apa saja? Berikut, dirangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan mengonsumsi petai:

1. Kaya akan Nutrisi

Petai mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, potassium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Membantu Pencernaan

Kandungan serat dalam petai membantu mempromosikan pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potassium dalam petai membantu menjaga tekanan darah yang sehat, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam petai membantu produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi petai dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Petai mengandung zat besi, yang penting untuk fungsi kognitif yang optimal. Konsumsi petai dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko depresi.

6. Mengatur Kadar Gula Darah

Serat dalam petai membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengembangkan diabetes.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Petai mengandung senyawa fitokimia seperti karotenoid dan flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko perkembangan kanker.

Meskipun petai memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi perlu diingat bahwa konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan atau kembung pada beberapa orang.

Selalu bijak dalam mengonsumsi petai dan memasukkannya ke dalam pola makan yang seimbang agar tidak menimbulkan hal negatif pada tubuh.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT