Sukabumi Update

Masih Banyak Pilihan Enak, 8 Rekomendasi Menu Sahur Untuk Penderita Gula Darah

Ilustrasi - Masih Banyak Pilihan Enak, 8 Rekomendasi Menu Sahur Untuk Penderita Gula Darah (Sumber : pexels.com/@Dana Tentis)

SUKABUMIUPDATE.com - Menu sahur yang sehat dan seimbang nutrisinya sangat penting bagi penderita gula darah untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari puasa.

Tapi tenang saja, karena masih banyak pilihan makanan yang bisa dinikmati ketika santap sahur dengan rasa tak kalah nikmat.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu sahur yang cocok untuk penderita gula darah agar tetap lancar saat melaksanakan ibadah puasa.

Baca Juga: Tak Cuma Makanan Manis, Ini 8 Pantangan Untuk yang Punya Kadar Gula Darah Tinggi

1. Oatmeal dengan Buah-Buahan Segar

Oatmeal merupakan sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sajikan oatmeal dengan potongan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry untuk tambahan rasa dan serat.

2. Telur Rebus dengan Sayuran

Telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung lemak sehat. Rebus telur dan sajikan dengan sayuran seperti tomat, mentimun, atau selada untuk tambahan serat dan nutrisi.

3. Roti Gandum Utuh dengan Alpukat

Roti gandum utuh mengandung serat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah. Sajikan roti gandum utuh dengan irisan alpukat sebagai sumber lemak sehat dan protein.

Baca Juga: Banyak Pilihan Termasuk Yoga, Ini 7 Olahraga yang Baik Untuk Penderita Gula Darah

4. Sup Sayuran

Sup sayuran adalah pilihan sahur yang rendah kalori dan tinggi serat. Buatlah sup sayuran dengan campuran berbagai jenis sayuran seperti wortel, kacang hijau, dan brokoli untuk tambahan nutrisi dan serat.

5. Smoothie Hijau

Buat smoothie hijau dengan campuran bayam segar, pisang, kiwi, dan sedikit yogurt rendah lemak. Hindari menambahkan gula tambahan dan gunakan buah-buahan segar untuk memberikan rasa manis alami.

6. Nasi Merah dengan Ikan Panggang

Nasi merah memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih dan mengandung serat yang tinggi. Sajikan nasi merah dengan ikan panggang sebagai sumber protein sehat dan lemak omega-3.

Baca Juga: Perbanyak Sayuran, 8 Rekomendasi Menu Buka Puasa Untuk Penderita Gula Darah

7. Tumis Tahu dengan Sayuran

Tumis tahu dengan campuran sayuran seperti buncis, wortel, dan cabai. Tambahkan sedikit kecap asin rendah garam dan saus cabai untuk rasa tambahan.

8. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik dan memiliki indeks glikemik rendah. Sajikan bubur kacang hijau dengan sedikit santan rendah lemak dan potongan buah-buahan segar untuk tambahan rasa dan nutrisi.

Pastikan untuk memilih porsi makanan yang seimbang dan memperhatikan reaksi tubuh Anda terhadap makanan yang Anda konsumsi.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi menu yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT