Sukabumi Update

Sama-sama Berbahaya, Ini Perbedaan Gula Darah Tinggi dan Rendah yang Harus Diketahui

Ilustrasi - Tes Kesehatan Dasar: Sama-sama Berbahaya, Ini Perbedaan Gula Darah Tinggi dan Rendah yang Harus Diketahui (Sumber : Freepik/@xb100)

SUKABUMIUPDATE.com - Gula darah tinggi (hiperglikemia) dan gula darah rendah (hipoglikemia) adalah dua kondisi yang berbeda yang terjadi ketika kadar glukosa dalam darah seseorang berada di luar kisaran normal.

Meskipun sebenarnya kedua masalah kesehatan tersebut sama-sama berbahaya bagi orang yang mengalaminya bahkan bisa mengancam nyawa seseorang.

Lalu apa saja sebenarnya perbedaan dari gula darah tinggi dan gula darah rendah ini? Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Baca Juga: Suka Makanan Manis Tapi Punya Masalah Gula Darah? Ini 8 Tips Menikmatinya

Gula Darah Tinggi (Hiperglikemia)

  1. Terjadi ketika kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal.
  2. Biasanya terkait dengan diabetes atau resistensi insulin, di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif atau tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk memproses glukosa.
  3. Gejala yang umum meliputi rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, kelelahan, penglihatan kabur, dan luka yang sulit sembuh.
  4. Jika tidak diobati, hiperglikemia dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang seperti kerusakan organ, kerusakan saraf, masalah jantung, dan masalah pembuluh darah.

Baca Juga: Yuk Ketahui Bunda Ciri Perkembangan Bayi Berusia 1 Bulan, Berikut Penjelasannya

Gula Darah Rendah (Hipoglikemia)

  1. Terjadi ketika kadar glukosa dalam darah turun di bawah batas normal.
  2. Biasanya terjadi sebagai hasil dari terlalu banyak insulin dalam tubuh (terutama bagi penderita diabetes yang menggunakan insulin atau obat-obatan penurun gula darah), makan terlalu sedikit, atau aktivitas fisik yang berlebihan.
  3. Gejala hipoglikemia bisa beragam, termasuk rasa lapar, gemetar, keringat dingin, kebingungan, lemah, pusing, atau bahkan kehilangan kesadaran.
  4. Jika tidak ditangani dengan cepat, hipoglikemia dapat menyebabkan masalah serius seperti kejang, koma, bahkan kematian.

Baca Juga: Suka Rasa Pedas? Hati-hati Ini 8 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Perbedaan lainnya terletak pada tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Pada gula darah tinggi, seseorang mungkin perlu menyesuaikan dosis obat diabetes mereka, mengubah pola makan, dan meningkatkan aktivitas fisik.

Di sisi lain, pada gula darah rendah, penting untuk segera mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti jus buah atau permen, untuk meningkatkan kadar gula darah kembali ke tingkat normal.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT