Sukabumi Update

Asam Urat Kambuh Sangat Menyakitkan, Ini 8 Cara Meredakan Rasa Sakitnya

Ilustrasi - Asam Urat Kambuh Sangat Menyakitkan, Ini 8 Cara Meredakan Rasa Sakitnya (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat asam urat kambuh, penderitanya pasti akan merasakan rasa sakit yang sangat, bahkan terkadang membuat mereka tak mampu untuk berjalan.

Ketika mengalami serangan asam urat seperti itu, penting untuk segera mengambil langkah-langkah guna mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan saat mengalami kambuh asam urat agar tidak terlalu lama merasakan nyeri pada tubuh.

Baca Juga: Suka Makan Lalapan Tapi Punya Asam Urat? Simak 7 Tips Menikmatinya

1. Istirahat

Berikan istirahat yang cukup untuk sendi yang terkena serangan asam urat. Hindari aktivitas yang berat atau menyebabkan tekanan pada sendi yang sakit.

2. Konsumsi Air Putih

Minumlah banyak air putih untuk membantu mengurangi kristalisasi asam urat dalam tubuh dan mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

3. Kompress Dingin

Tempatkan kantung es atau kain bersih yang dibasahi dengan air dingin di atas sendi yang terkena selama 15-20 menit beberapa kali sehari. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat, Bisa Dilakukan di Rumah

4. Hindari Makanan Tinggi Purin

Batasi konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, dan makanan olahan yang mengandung ragi. Hal ini dapat membantu mengurangi produksi asam urat dalam tubuh.

5. Konsumsi Obat

Jika diperlukan, gunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Obat antiinflamasi atau obat pengurang asam urat lainnya juga dapat diresepkan oleh dokter sesuai kebutuhan.

6. Konsultasi dengan Dokter

Jika serangan asam urat berlangsung lama atau sangat parah, atau jika Anda memiliki riwayat serangan asam urat yang sering, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Hindari yang Mengandung Purin Tinggi, 8 Sayuran yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

7. Perhatikan Pola Makan

Setelah serangan asam urat mereda, perhatikan pola makan Anda. Hindari makanan yang dapat memicu serangan asam urat, dan pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan seimbang.

8. Hindari Alkohol

Selama serangan asam urat, hindari konsumsi alkohol karena dapat meningkatkan risiko serangan yang lebih parah.

Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah di atas hanya bersifat sementara untuk meredakan gejala serangan asam urat.

Langkah-langkah pencegahan jangka panjang, seperti mengubah pola makan dan gaya hidup, penting untuk mengurangi risiko serangan asam urat di masa depan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT