Sukabumi Update

Ingin Terhindar dari Asam Urat? Coba Lakukan 9 Tips Ini Termasuk Rajin Olahraga

Ilustrasi - Ingin Terhindar dari Asam Urat? Coba Lakukan 9 Tips Ini Termasuk Rajin Olahraga (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat, juga dikenal sebagai gout, adalah kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Kondisi ini bisa disebabkan banyak faktor mulai dari faktor genetik, pola makan yang tinggi purin, konsumsi alkohol yang berlebihan, obesitas, dan kondisi medis lainnya.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena asam urat atau mengelola kondisi asam urat. Berikut beberapa diantaranya.

Baca Juga: Seperti Apa Rasanya Sakit Asam Urat? Yuk Kenali Cirinya Agar Segera Diobati

1. Pola Makan Sehat

Konsumsilah makanan yang seimbang dan sehat. Hindari makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut (misalnya, ikan teri, sarden, dan udang), daging organ (seperti hati dan ginjal), serta alkohol, karena ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebaliknya, pilihlah makanan rendah purin, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan produk susu rendah lemak.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan risiko asam urat. Upayakan untuk menjaga berat badan ideal dengan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

3. Olahraga Teratur

Lakukanlah aktivitas fisik secara teratur. Berolahraga membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pilihlah jenis olahraga yang tidak memberikan tekanan berlebihan pada sendi, seperti berenang, bersepeda, atau jalan cepat.

Baca Juga: Seperti Apa Rasanya Sakit Asam Urat? Yuk Kenali Cirinya Agar Segera Diobati

4. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Batasi atau hindari konsumsi alkohol, terutama bir dan minuman beralkohol lainnya.

5. Hindari Gula dan Karbohidrat Sederhana

Konsumsi gula dan karbohidrat sederhana seperti gula olahraga dan makanan manis dapat meningkatkan risiko asam urat. Sebaiknya, pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah.

6. Konsumsi Cukup Air

Minumlah banyak air setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Air membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui urine.

Baca Juga: Apakah Anda Termasuk? 5 Ciri Orang yang Berisiko Terkena Asam Urat

7. Hindari Stres

Stres dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Temukan cara-cara untuk mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari, seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan.

8. Hindari Asupan Kafein Berlebihan

Konsumsi kafein berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Batasi konsumsi kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya.

9. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan asam urat atau mengalami gejala yang mencurigakan, konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan saran pengelolaan yang sesuai.

Baca Juga: Suka Makan Lalapan Tapi Punya Asam Urat? Simak 7 Tips Menikmatinya

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan menghindari faktor risiko, Anda dapat membantu mengurangi risiko terkena asam urat atau mengelola kondisi ini dengan lebih baik.

Tetapi, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi kesehatan yang unik, jadi konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan individu Anda.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT