Sukabumi Update

Jaga Berat Badan dan Kelola Stres, 9 Cara Agar Terhindar dari Masalah Gula Darah

Ilustrasi - Jaga Berat Badan dan Kelola Stres, 9 Cara Agar Terhindar dari Masalah Gula Darah (Sumber : Freepik/stefamerfik)

SUKABUMIUPDATE.com - Fluktuasi gula darah menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa berdampak serius pada orang yang mengalaminya, Bahkan lebih parahnya, kondisi ini bisa mengancam nyawa.

Akan tetapi, penyakit ini bisa dihindari dengan melakukan beberapa kebiasaan baik dan mengubah gaya hidup agar tidak terjadi fluktuasi gula darah.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah gula darah? berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil.

Baca Juga: Termasuk Stres, Kenali 8 Faktor Penyebab Fluktuasi Gula Darah Dalam Tubuh

1. Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Pilih makanan yang rendah gula, rendah karbohidrat olahan, dan tinggi serat. Fokus pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

2. Menghindari Makanan Manis dan Minuman Bersoda

Batasi konsumsi makanan manis, cemilan tinggi gula, dan minuman bersoda yang mengandung banyak gula tambahan. Ini termasuk permen, kue, kue kering, minuman bersoda, dan jus buah yang dikemas.

3. Berolahraga Secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh mengatur kadar gula darah dengan lebih efisien. Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik atau 75 menit aktivitas yang lebih intens setiap minggu, seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang.

Baca Juga: Mengapa Gula Darah Tinggi di Pagi Hari? Ini 6 Cara Menurunkannya Secara Alami

4. Mengelola Berat Badan

Jaga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat dengan melakukan kombinasi pola makan sehat dan aktivitas fisik. Kehilangan berat badan jika Anda kelebihan berat badan dan menjaga berat badan ideal jika Anda sudah pada berat badan yang sehat.

5. Mengatur Porsi Makan

Perhatikan ukuran porsi makanan Anda dan hindari makan dalam jumlah berlebihan. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang terkontrol dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

6. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi metabolisme glukosa dan meningkatkan risiko masalah kesehatan terkait gula darah.

Baca Juga: Suka yang Manis dan Segar Tapi Khawatir Gula Darah? Cobain 10 Buah-Buahan Ini

7. Mengelola Stres

Stres dapat mempengaruhi kadar gula darah. Temukan cara untuk mengelola stres Anda, seperti meditasi, yoga, olahraga, atau hobi yang menyenangkan.

8. Periksa Kadar Gula Darah Secara Teratur

Jika Anda memiliki risiko tinggi untuk mengalami masalah gula darah, penting untuk memantau kadar gula darah secara teratur dengan menggunakan alat pengukur gula darah atau dengan melakukan pemeriksaan darah rutin.

9. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Jika Anda memiliki riwayat diabetes atau memiliki risiko tinggi untuk mengalami masalah gula darah, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi khusus dan pengelolaan yang tepat.

Baca Juga: Menjaga Gula Darah Tetap Normal, Coba Lakukan 10 Kebiasaan Sederhana Ini!

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan mengikuti langkah-langkah pencegahan tersebut, Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan meminimalkan risiko masalah kesehatan terkait gula darah.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT