Sukabumi Update

7 Rekomendasi Makanan Berlemak yang Aman untuk Penderita Kolesterol

Sarden. Rekomendasi Makanan Berlemak yang Aman untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan)

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk penderita kolesterol tinggi, penting untuk membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans, karena ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. 

Akan tetapi, tidak semua lemak harus dihindari sepenuhnya. Beberapa jenis lemak sehat dapat dimasukkan ke dalam diet penderita kolesterol tinggi dengan jumlah yang moderat. 

Ada beberapa makanan berminyak yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Rekomendasi Makanan Berlemak yang Aman untuk Penderita Kolesterol

  • Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. 

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Konsumsi alpukat dalam jumlah moderat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

  • Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, tuna, sarden, makarel, dan trout mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

Penderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah, serta biji-bijian seperti chia seeds, biji rami, dan biji labu mengandung lemak sehat dan serat yang baik untuk kesehatan jantung. 

Makanan berlemak kni selain aman untuk penderita kolesterol juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan antioksidan dan memiliki efek positif pada kesehatan jantung.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Rendah Purin yang Aman Bagi Penderita Asam Urat

Gunakan minyak zaitun extra virgin untuk menggantikan minyak sayur atau mentega dalam memasak atau sebagai bahan salad dressing.

  • Avocado Oil

Minyak alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang serupa dengan minyak zaitun dan memiliki manfaat yang mirip untuk kesehatan jantung. 

Rekomendasi makanan berminyak yang aman untuk penderita kolesterol ini dapat digunakan dalam memasak atau sebagai bahan salad dressing.

  • Biji-bijian

Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti kenari, almond, kacang tanah, biji bunga matahari, dan kacang mete mengandung lemak tak jenuh tunggal dan poli tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. 

Konsumsi dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung lemak sehat dalam jumlah moderat. 

Konsumsi telur dalam jumlah moderat, misalnya satu atau dua telur sehari, umumnya dianggap aman untuk kebanyakan orang, termasuk penderita kolesterol tinggi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan Tinggi Purin yang Aman Bagi Penderita Asam Urat

Penting untuk memperhatikan porsi dan frekuensi konsumsi makanan berminyak ini, serta memperhatikan reaksi tubuh Anda terhadap makanan tertentu. 

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang diet Anda, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang sesuai dengan kebutuhan individu Anda.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT