Sukabumi Update

Asam Urat Sering Kambuh dan Terasa Sakit? Mulai Sekarang Lakukan 7 Gaya Hidup Sehat Ini

Ilustrasi - Yuk lakukan gaya hidup sehat ini untuk mengobati asam urat dan mencegah kambuh kembali. (Sumber : Freepik.com/@karlyukav).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh. Penumpukan ini dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang luar biasa pada send, salah satunya di jempol kaki.

Kondisi ini muncul ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak dapat menghilangkannya secara efisien. Asam urat membentuk kristal seperti jarum di persendian, menyebabkan nyeri, bengkak, kemerahan.

Untuk mengobati asam urat urat yang sering datang tiba-tiba dan menyakitkan, Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat. Ini merupakan tips efektif dan aman selain tentunya resep obat yang diberikan dokter.

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Perubahan gaya hidup seperti pemilihan makanan yang cerdas adalah satu-satunya bagian dari penanganan asam urat. Pendekatan yang lebih efektif melibatkan perubahan gaya hidup yang lebih luas.

Berikut adalah gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan untuk mengobati dan mencegah asam urat kembali kambuh.

1. Mengelola Berat Badan

Berat badan yang sehat mengurangi risiko asam urat. Dan penurunan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat Anda. Plus, ini mengurangi tekanan pada persendian Anda.

Baca Juga: Meski Anda Punya Gula Darah, Inilah 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Mempertahankan berat badan yang sehat sangat penting bagi penderita asam urat. Berat badan berlebih dapat menyebabkan kadar asam urat lebih tinggi sehingga meningkatkan risiko serangan asam urat.

Pola makan seimbang dan olahraga teratur dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Aktivitas Fisik Secara Teratur

Olahraga adalah kuncinya! Ini membantu dalam manajemen berat badan dan membuat tubuh tetap aktif. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu pengelolaan berat badan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Olahraga meningkatkan pembuangan asam urat dan mengurangi peradangan, berkontribusi pada pengelolaan asam urat dan kesehatan sendi yang lebih baik.

3. Tubuh Harus Terhidrasi yang Cukup

Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting dalam mengelola asam urat. Minum banyak air membantu mengencerkan asam urat dan mendukung pembuangannya melalui ginjal, sehingga mengurangi risiko pembentukan kristal di persendian.

4. Membatasi Asupan Alkohol

Membatasi konsumsi alkohol, terutama bir dan minuman beralkohol, dapat bermanfaat dalam pengelolaan asam urat. Alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dan menyebabkan dehidrasi, yang keduanya dapat memicu serangan asam urat.

Baca Juga: Mengenal Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Untuk Mencegahnya

5. Manajemen Stres

Stres kronis bisa menjadi pemicu serangan asam urat. Mempraktikkan teknik pengurangan stres seperti meditasi, yoga, atau melakukan hobi dapat membantu mengatasi asam urat dengan lebih efektif.

6. Pertimbangan Suplementasi Vitamin C

Suplemen vitamin C bisa membantu. Mereka telah menunjukkan potensi dalam mengurangi kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat.

7. Hindari Makanan Tinggi Purin

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari daging merah, jeroan (seperti hati), beberapa jenis makanan laut (seperti sarden, ikan teri, dan kerang), dan minuman manis.

Baca Juga: Bagaimana Awalnya Asam Urat Menyerang dan Siapa yang Berisiko Terkena? Simak Disini

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT