Sukabumi Update

Tanpa Obat-obatan, 10 Trik Mencegah Asam Urat Secara Alami yang Bisa Dilakukan Kapanpun

Ilustrasi - Tanpa Obat-obatan, 10 Trik Mencegah Asam Urat Secara Alami yang Bisa Dilakukan Kapanpun (Sumber : pixabay.co/@ArekSocha)

SUKABUMIUPDATE.com - Mencegah asam urat secara alami melibatkan pengelolaan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Hal ini memungkinkan untuk meminimalisir penggunaan obat-obatan yang bisa memiliki efek samping lain pada tubuh.

Nah, jika Anda ingin terbebas dari asam urat, berikut adalah beberapa cara alami untuk mencegahnya yang bisa dicoba.

Baca Juga: Berdamai dengan Asam Urat: 8 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Serangannya

1. Konsumsi Makanan Rendah Purin

Prioritaskan makanan yang rendah purin dalam diet Anda. Ini termasuk sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

2. Minum Banyak Air

Pastikan untuk minum banyak air putih setiap hari. Air membantu mengencerkan urin dan mempromosikan pengeluaran asam urat dari tubuh.

3. Konsumsi Protein Nabati

Pilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk kedelai. Protein nabati cenderung memiliki kadar purin yang lebih rendah daripada protein hewani.

Baca Juga: 6 Buah-buahan Tinggi Gula yang Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

4. Batasi Konsumsi Alkohol

Hindari atau batasi konsumsi alkohol, terutama bir dan minuman berbasis bir. Alkohol dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

5. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mempromosikan metabolisme yang sehat, yang dapat membantu mengurangi risiko asam urat.

6. Pertimbangkan Kandungan Gula dan Lemak

Batasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula serta makanan yang tinggi lemak jenuh, karena keduanya dapat meningkatkan risiko asam urat.

Baca Juga: Purin: Senyawa yang Dikaitkan dengan Asam Urat dan Tips Agar Tak Membahayakan Kesehatan

7. Hindari Makanan Tinggi Fructose

Makanan dan minuman yang tinggi fructose, seperti minuman bersoda dan makanan manis lainnya, dapat meningkatkan kadar asam urat. Hindari atau batasi konsumsi makanan ini.

8. Makanan Antiinflamasi

Termasuk makanan yang kaya antioksidan dan antiinflamasi dalam diet Anda, seperti buah-buahan beri, sayuran berwarna-warni, dan lemak sehat dari kacang-kacangan dan ikan.

9. Kurangi Konsumsi Garam

Batasi konsumsi garam, karena konsumsi garam yang tinggi dapat meningkatkan retensi air dan memperburuk gejala asam urat.

Baca Juga: Cara Diet Rendah Purin Untuk Atasi Serangan Asam Urat, Coba Ikuti 11 Langkah Ini

10. Manajemen Stres

Stres dapat memicu serangan asam urat. Temukan cara-cara untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau kegiatan relaksasi lainnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan mengadopsi gaya hidup sehat secara umum, Anda dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko terkena asam urat.

Jika Anda memiliki riwayat asam urat atau masalah kesehatan yang berkaitan, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang lebih spesifik.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT