Sukabumi Update

5 Efek Samping Cuka Sari Apel Pada Anak, Simak Tips Penggunaannya

Ilustrasi - seorang anak konsumsi cuka sari apel. (Sumber : pexel.com/@gustavo fring).

SUKABUMIUPDATE.COM - Cuka sari apel dikenal sebagai 'obat ajaib', karena diklaim cuka ini bisa mengatasi berbagai masalah. Zat cair berwarna keruh ini dihasilkan dari fermentasi apel.

Cuka sari apel memang dikenal sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. 

Banyak sekali manfaat memberikan sari apel pada anak. Akan tetapi dibalik berbagai manfaatnya, cuka sari apel memiliki beberapa efek samping pada anak.

Baca Juga: 9 Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Anak, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Efek Samping Cuka Sari Apel Pada Anak

Reaksi alergi dan interaksi obat merupakan efek samping potensial dari cuka sari apel  (ACV). Beberapa kemungkinan efek samping lain dari penggunaan cuka sari apel secara oral dan topikal adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Refluks Asam

Konsumsi cuka sari apel secara berlebihan dapat meningkatkan refluks asam yang menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut.

2. Mulut dan Tenggorokan Terbakar

Minum cuka sari apel yang tidak diencerkan terlebih dahulu dapat membakar mulut dan tenggorokan, sehingga menyebabkan luka.

Baca Juga: Apakah Cuka Sari Apel Aman untuk Mengatasi Asam Lambung? Simak Ulasan Berikut

3. Luka Bakar Pada Kulit

Mengoleskan cuka sari apel murni untuk mengobati segala kondisi kulit, seperti tahi lalat, jerawat, atau infeksi kulit, dapat menyebabkan kulit terbakar. 

4. Kerusakan Gigi

Meski agak asam, cuka sari apel (ACV) yang tidak diencerkan dapat mengencerkan email gigi dan merusak gigi akibat erosi.

5. Kadar Kalium Rendah

Mengkonsumsi cuka sari apel secara berlebihan (lebih dari dua sendok makan sehari) dapat meningkatkan risiko penurunan kadar kalium dalam tubuh. Hal ini jarang terjadi pada anak-anak dan remaja, namun Anda tetap harus berhati-hati.

Baca Juga: Cuka Sari Apel Dapat Meredakan Sembelit, Simak Cara Penggunaannya Berikut

Tips Menggunakan Cuka Apel Untuk Anak

Tips berikut ini dapat membantu penggunaan cuka sari apel (ACV) yang aman di kalangan anak-anak :

  • Lebih baik memilih cuka  sari apel organik, disaring, dan dipasteurisasi dari merek terpercaya.
  • Jika ingin menyajikan cuka sari apel tanpa filter, sajikan terlebih dahulu setengah sendok teh bersama makanan. Jika cocok untuk anak, Anda bisa menambah jumlahnya menjadi satu hingga dua sendok teh.
  • Baik untuk penggunaan oral atau topikal, gunakan cuka sari apel dalam bentuk encer, karena keasamannya yang tinggi dapat merusak enamel gigi.
  • Bilas mulut dengan air biasa bahkan setelah mengkonsumsi cuka sari apel yang diencerkan.
  • Reaksi alergi terhadap ACV mungkin jarang terjadi tetapi mungkin saja terjadi. Tetap waspada terhadap tanda atau gejala alergi, sensitivitas, atau intoleransi ACV.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT