Sukabumi Update

Mudah! Cara Membuat Infused Water Strawberry dan Basil Untuk Atasi Gula Darah Tinggi

Ilustrasi - Berikut ini cara membuat infused water strawberry dan basil yang dapat membantu mengatasi kadar gula darah tinggi (Sumber : Freepik/rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Infused water adalah air yang diberi rasa dan aroma dengan cara menambahkan potongan buah, sayuran, atau rempah-rempah ke dalamnya.

Infused water kerap dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, contohnya seperti infused water strawberry dan basil.

Rasa mint dari basil memberikan rasa segar sementara berry kaya akan serat dan antioksidan, serta memiliki indeks glikemik yang rendah.

Baca Juga: Cara Berdamai dengan Diabetes, Lakukan 8 Kebiasaan Baik Ini Untuk Jaga Kadar Gula Darah

Proses ini dilakukan dengan merendam bahan-bahan tersebut dalam air dingin untuk beberapa waktu sehingga air menyerap rasa dan aroma dari bahan-bahan tersebut.

Jika Anda tertarik mencobanya, berikut adalah cara membuat infused water strawberry dan basil yang dapat membantu mengatasi kadar gula darah tinggi:

Bahan-bahan

  • 6-8 buah strawberry, iris tipis
  • 8-10 daun basil segar
  • Air
  • Es batu (opsional)

Baca Juga: Penderita Diabetes Makan Buah? Simak Mana yang Aman dan Berbahaya untuk Gula Darah

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan strawberry dengan air mengalir dan buang tangkainya. Iris tipis strawberry menjadi beberapa bagian.
  2. Bersihkan daun basil segar dengan hati-hati dan periksa apakah ada kotoran atau serangga yang menempel.
    Siapkan wadah atau botol besar untuk membuat infused water.
  3. Letakkan iris strawberry dan daun basil ke dalam wadah atau botol.
  4. Isi wadah atau botol dengan air hingga penuh. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih atau air mineral.
  5. Tutup wadah atau botol dan simpan di dalam lemari es selama minimal 1-2 jam atau semalam untuk hasil yang lebih kaya rasa.
  6. Setelah direndam dengan cukup waktu, infused water strawberry dan basil siap disajikan. Anda dapat menambahkan es batu jika menginginkan minuman yang lebih dingin.

Baca Juga: Agar Tidak Menjadi Diabetes Tipe 2, Coba 9 Cara Diet Untuk Penderita Pradiabetes Ini!

Saat menyajikan, Anda bisa menyaring infused water tersebut untuk memisahkan potongan strawberry dan daun basil, atau Anda juga bisa menyajikannya dengan potongan buah dan daun basil untuk tambahan estetika.

Nikmati infused water strawberry dan basil sebagai minuman sehat yang menyegarkan dan membantu mengatasi kadar gula darah tinggi.

Pastikan untuk mencoba infused water ini sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat secara keseluruhan untuk hasil yang optimal dalam mengatur kadar gula darah.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT