Sukabumi Update

8 Daun Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Ilustrasi - Daun Jambu Biji. Rekomendasi Daun Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah | (Sumber : Instagram/@toko_hanum_)

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa daun herbal telah diketahui memiliki potensi untuk membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi herbal, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Berikut beberapa daun herbal yang mungkin memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah, dirangkum dari berbagai sumber:

Daun Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

  • Daun Jambu Biji

Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Daun Salam

Daun salam mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang telah terbukti memiliki efek menurunkan kadar gula darah pada penelitian hewan.

  • Daun Kelor

Daun kelor mengandung senyawa bioaktif yang disebut flavonoid dan polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi manfaat ini pada manusia.

  • Daun Sirsak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Orang Malas yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

  • Daun Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada kontrol gula darah.

  • Daun Pare

Daun pare kaya akan senyawa yang disebut charantin, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  • Daun Stevia

Daun stevia mengandung senyawa steviol glikosida yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan menggantikan gula dalam makanan dan minuman.

Baca Juga: Anxiety Disorder, Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Gangguan Kecemasan

  • Daun Sage

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sage dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Meskipun beberapa daun herbal telah menunjukkan potensi dalam menurunkan kadar gula darah dalam penelitian, penelitian masih diperlukan untuk memahami efeknya secara lebih mendalam dan aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum menggunakan herbal sebagai bagian dari pengelolaan diabetes atau kondisi kesehatan lainnya.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT