Sukabumi Update

7 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ilustrasi. Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan. Sumber : pixabay/ @pixabay/watermelon

SUKABUMIUPDATE.com – Semangka, buah yang segar dan menyegarkan, telah menjadi favorit banyak orang di musim panas. Namun, buah manis dan lezat ini tidak hanya memberikan kenikmatan rasa, tetapi juga menyimpan sejuta manfaat kesehatan. 

Dari menjaga tubuh tetap terhidrasi hingga mendukung fungsi jantung yang sehat, semangka adalah salah satu buah yang memiliki banyak kebaikan bagi kesehatan kita.

Konsumsi semangka dapat membantu dalam hidrasi tubuh, memberikan antioksidan penting, menjaga kesehatan jantung, dan bahkan memberikan dukungan untuk kesehatan mata dan kulit.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Selain itu, kita juga akan mengetahui tentang peran semangka dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut sederet manfaa semangka untuk kesehatan, dilansir dari Healthline!

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

1. Hidrasi Tubuh

Semangka terdiri hampir 92% air, menjadikannya sebagai buah yang sangat efektif untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi semangka dapat membantu menjaga kadar cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

2. Kaya Antioksidan

Semangka mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin A. Antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan meredakan peradangan.

Baca Juga: 6 Bahaya Kebiasaan Tidur Di Lantai Bagi Kesehatan, Bisa Ancam Paru-paru!

3. Menyehatkan Jantung

Likopen yang terdapat dalam semangka telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Likopen dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan profil lipid darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Buah semangka juga mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga mata tetap sehat dan mencegah masalah penglihatan seperti degenerasi makula.

Baca Juga: Semangka: Nutrisi dan 5 Manfaat yang Mengejutkan Bagi Kesehatan Manusia

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Semangka rendah kalori dan lemak, tetapi tinggi serat. Makan semangka dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi asupan kalori, dan mendukung program penurunan berat badan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

 Kandungan tinggi vitamin C dalam semangka dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerutan.

Baca Juga: Berutang untuk Gaya Hidup, 6 Kebiasaan yang Membuat Anda Jatuh Miskin di Hari Tua

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Semangka mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau mempertimbangkan untuk mengubah pola makan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang lebih spesifik.

Sumber : Healthline

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT