Sukabumi Update

7 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata: Wortel hingga Ikan

Ilustrasi. Olahan ikan bandeng. Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata: Wortel hingga Ikan. Foto: YouTube/Simple Rudy TV

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan mata adalah kondisi umum dari mata yang meliputi berbagai aspek, termasuk kejernihan penglihatan, keseimbangan produksi air mata, perlindungan dari cedera dan infeksi, serta keseimbangan tekanan dalam bola mata.

Hal ini melibatkan berbagai komponen, seperti kornea, lensa, retina, saraf optik, dan struktur lainnya yang bekerja bersama-sama untuk memungkinkan penglihatan yang baik dan nyaman.

Ada beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan memberikan nutrisi yang penting bagi organ tersebut. Berikut makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata, dirangkum dari berbagai sumber:

Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

  • Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan mata, terutama untuk retina. Omega-3 membantu melindungi mata dari degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Sayuran hijau tua

Sayuran seperti bayam, kale, dan kangkung mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan antioksidan penting untuk kesehatan mata. Antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radikal bebas.

  • Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, yang penting untuk pembentukan vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, terutama retina dan penglihatan malam.

  • Telur

Telur mengandung lutein, zeaxanthin, vitamin E, dan zinc, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Zinc, khususnya, membantu menyerap vitamin A dan memelihara retina.

Baca Juga: 4 Jenis Daging Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Buah-buahan beri

Buah-buahan seperti blueberry, blackberry, dan raspberry mengandung antioksidan yang kuat, seperti vitamin C dan anthocyanins, yang membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang Brazil, serta biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji chia, mengandung vitamin E dan zinc yang penting untuk kesehatan mata.

  • Minyak ikan

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, terutama untuk orang-orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 dari makanan mereka.

Baca Juga: Anxiety Disorder, Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Gangguan Kecemasan

Mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan menerapkan dalam pola makan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan melindungi penglihatan dari masalah-masalah mata secara umum.

Namun tetap pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki kekhawatiran spesifik tentang kesehatan mata Anda.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT