Sukabumi Update

7 Langkah Membuat Infused Water Lemon dan Mentimun, Baik Untuk Penderita Asam Urat

7 Langkah Membuat Infused Water Lemon dan Mentimun, Baik Untuk Penderita Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Infused water lemon dan mentimun adalah minuman yang menyegarkan dan dapat memberikan hidrasi sambil menambahkan sedikit rasa.

Meskipun tidak ada bukti langsung bahwa infused water ini dapat menyembuhkan asam urat, tetapi minuman ini bisa menjadi bagian dari pola makan sehat yang mendukung manajemen asam urat.

Jika tertarik mencoba untuk membuatnya di rumah, berikut cara membuat infused water lemon dan mentimun:

Baca Juga: Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 lemon
  • 1 mentimun
  • Air
  • Es batu (opsional)

Langkah-langkah

1. Cuci Buah

Cuci lemon dan mentimun secara menyeluruh di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin ada.

Baca Juga: Fruit Infused Water: 10 Langkah Mudah Membuat Infused Water Lemon

2. Potong

Potong lemon menjadi irisan tipis. Potong mentimun menjadi irisan tipis atau dadu kecil sesuai selera Anda. Anda juga bisa menggunakan mentimun tanpa dikupas, tergantung pada preferensi rasa Anda.

3. Masukkan ke dalam Wadah

Letakkan irisan lemon dan mentimun ke dalam wadah atau pitcher untuk infused water. Pastikan wadahnya cukup besar untuk menampung semua bahan dan air.

4. Tambahkan Air

Tuangkan air ke dalam wadah hingga mencapai penuh atau sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan. Gunakan air biasa atau air mineral sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Infused Water Saat Sahur, Bisa Cegah Haus Ketika Puasa

5. Biarkan Meresap

Biarkan lemon dan mentimun meresap ke dalam air selama minimal 1-2 jam di dalam kulkas. Jika Anda ingin rasa yang lebih kuat, biarkan meresap semalaman.

6. Penyajian

Setelah meresap, Anda dapat menyajikan infused water lemon dan mentimun dengan menambahkan es batu jika diinginkan. Saring minuman jika Anda tidak ingin irisan lemon dan mentimunnya masuk ke gelas Anda.

7. Konsumsi

Minumlah infused water ini selama hari Anda, sebagai pengganti minuman bersoda atau minuman manis lainnya. Infused water ini tidak hanya memberikan hidrasi, tetapi juga menyediakan sedikit rasa segar dari lemon dan mentimun.

Baca Juga: Mudah! Cara Membuat Infused Water Strawberry dan Basil Untuk Atasi Gula Darah Tinggi

Pastikan untuk mengonsumsi infused water ini secara teratur sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Tetaplah mengutamakan pola makan yang seimbang, menghindari makanan yang kaya purin, dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran kesehatan tertentu, termasuk tentang manajemen asam urat.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT