Sukabumi Update

4 Manfaat Daun Sirih Terkait Mencegah Diabetes, Punya Kandungan Tanninsi dan Alkaloid

Daun sirih dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang terkait gula darah dimana dalam membantu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh | (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Daun sirih telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya karena berbagai manfaat kesehatannya.

Namun, dalam konteks pencegahan diabetes, manfaat daun sirih belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah pada manusia.

Akan tetapi, melansir dari laman Halodoc, dalam studi Drug Invention Today dengan objek hewan menyebutkan bahwa daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Tanaman herbal ini diketahui mengandung molekul aktif yang bernama tanninsi yang memiliki sifat antidiabetes. Selain itu, kandungan alkaloid dalam daun sirih juga dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa darah, dengan cara menghambat penyerapan glukosa pada usus.

Baca Juga: 5 Penyakit Berkaitan dengan Kurang Tidur pada Ibu Hamil, Salah Satunya Diabetes Gestasional

Dengan begitu, risiko penyakit kencing manis pun bisa berkurang. Akan tetapi, tentu masih perlu studi lanjutan tentang efektivitas tanaman tersebut pada manusia.

Nah, di bawah ini adalah beberapa klaim tentang manfaat daun sirih yang terkait dengan diabetes.

1. Efek Antioksidan

Daun sirih mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat terjadi pada penderita diabetes.

2. Penurunan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian pada hewan percobaan menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih dapat memiliki efek menurunkan kadar gula darah. Namun, penelitian pada manusia masih terbatas dan perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3. Efek Antiinflamasi

Daun sirih juga diketahui memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan diabetes tipe 2.

4. Manfaat Kesehatan Oral

Daun sirih telah digunakan secara tradisional untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih dapat membantu melawan bakteri penyebab penyakit gusi, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena mereka lebih rentan terhadap masalah kesehatan oral.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa manfaat daun sirih dalam mencegah diabetes masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan bukti ilmiah yang kuat.

Baca Juga: Agar Tidak Menjadi Diabetes Tipe 2, Coba 9 Cara Diet Untuk Penderita Pradiabetes Ini!

Jika Anda tertarik untuk menggunakan daun sirih atau produk berbahan dasar daun sirih sebagai bagian dari perawatan atau pencegahan diabetes, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT