Sukabumi Update

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Serangan Asam Urat Kambuh

Ilustrasi. Serangan Asam Urat Kambuh, Ini Sederet Hal yang Harus Dilakukan. Sumber: Freepik/jcomp

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika asam urat kambuh, biasanya terjadi peradangan pada sendi yang terkena, yang dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, kemerahan, dan kekakuan sendi.

Gejala serangan asam urat kambuh dapat muncul secara tiba-tiba dan intensitasnya bisa bervariasi dari ringan hingga parah.

Ketika mengalami serangan asam urat kambuh, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat serangan asam urat kambuh, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Serangan Asam Urat Kambuh

  • Istirahat

Beristirahatlah sebanyak mungkin untuk memberi tubuh kesempatan untuk pulih dan mengurangi beban pada sendi yang terkena.

  • Konsumsi obat antiinflamasi

Minum obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen atau naproxen sesuai dosis yang direkomendasikan oleh dokter untuk mengurangi peradangan dan nyeri.

Meski begitu, tetap konsultasi dengan dokter terkait konsumsi obat tertentu agar tidak menimbulkan hal yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: 6 Minuman Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Kompress dingin

Letakkan kantong es atau handuk yang dibasahi air dingin pada daerah yang terkena selama 15-20 menit beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

  • Minum banyak air

Minumlah banyak air putih untuk membantu melarutkan kristal asam urat dalam tubuh dan mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

  • Hindari alkohol dan makanan tinggi purin

Hindari konsumsi alkohol dan makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut, dan makanan olahan yang dapat memperburuk gejala asam urat.

Baca Juga: 10 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

  • Kompres hangat setelah beberapa hari

Setelah beberapa hari, ganti kompres dingin dengan kompres hangat untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena dan mengurangi kekakuan sendi.

  • Konsultasi dengan dokter

Jika serangan asam urat berlanjut atau gejalanya parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Dokter mungkin akan meresepkan obat antiinflamasi yang lebih kuat atau obat penurun asam urat untuk mengurangi peradangan dan mengontrol kadar asam urat dalam jangka panjang.

Baca Juga: Kurang Motivasi? Awas 8 Faktor Penyebab Seseorang Malas dan Sulit Sukses

Penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin memiliki pengalaman serangan asam urat yang berbeda, jadi langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT