Sukabumi Update

6 Makanan Tinggi Lemak yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Ilustrasi Salmon - Makanan Tinggi Lemak yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)

SUKABUMIUPDATE.com - Makanan tinggi lemak tidak secara langsung meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh seperti makanan tinggi purin.

Akan tetapi konsumsi lemak jenuh tertentu dapat mempengaruhi metabolisme purin dan merangsang produksi asam urat.

Berikut daftar makanan tinggi lemak yang dapat meningkatkan risiko asam urat naik, dirangkum dari berbagai sumber:

Makanan Tinggi Lemak yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Daging merah berlemak

Daging sapi berlemak, daging kambing, dan daging babi adalah sumber lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko asam urat naik.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Produk susu tinggi lemak

Produk susu seperti susu full cream, keju, dan krim adalah sumber lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko asam urat naik.

  • Makanan olahan berlemak

Makanan olahan yang tinggi lemak seperti daging asap, sosis, dan makanan cepat saji yang digoreng dalam minyak berlebihan juga dapat meningkatkan risiko asam urat naik.

  • Minyak goreng dan lemak tambahan

Minyak kelapa, minyak sawit, mentega, dan lemak tambahan lainnya yang digunakan dalam memasak makanan berlemak juga dapat berkontribusi pada peningkatan risiko asam urat naik.

Baca Juga: 10 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

  • Kue

Makanan manis tinggi lemak seperti kue kering, kue tart, dan donat yang dibuat dengan menggunakan mentega atau minyak berlemak dapat meningkatkan risiko asam urat naik.

  • Makanan laut berlemak

Makanan laut seperti salmon, sarden, dan mackerel yang tinggi lemak dapat mempengaruhi metabolisme purin dan meningkatkan risiko asam urat naik.

Seperti diketahui, gejala serangan asam urat kambuh dapat muncul secara tiba-tiba dan intensitasnya bisa bervariasi dari ringan hingga parah.

Baca Juga: 6 Minuman Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Jika serangan asam urat kambuh berlangsung lama atau gejalanya sangat parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Dokter dapat meresepkan obat-obatan yang lebih kuat atau memberikan saran tentang pengelolaan asam urat jangka panjang untuk mencegah serangan yang terjadi di masa depan.

Kemudian, meskipun lemak berperan dalam meningkatkan risiko asam urat naik, penting untuk diingat bahwa diet secara keseluruhan dan faktor gaya hidup lainnya juga memainkan peran penting dalam pengelolaan asam urat.

Maka dari itu, tetap konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang sesuai tentang diet sehat dan pengelolaan asam urat.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT