Sukabumi Update

Apakah Vitamin C Bisa Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat? Simak Penjelasannya

Ilustrasi -Penelitian terkini menunjukkan bahwa pola makan kaya vitamin C berpotensi mencegah asam urat. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah sejenis radang sendi yang menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di satu atau lebih sendi, paling sering di jempol kaki. 

Kini semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi jumlah asam urat dalam darah, sehingga dapat mencegah kondisi tersebut. Mengutip dari verrywellhealth, simak penjelasannya dibawah ini.

Vitamin C dan Asam Urat

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang penting untuk produksi kolagen, penyerapan zat besi, dan penyembuhan luka. Selama bertahun-tahun, vitamin C telah menjadi obat untuk berbagai penyakit. 

Baca Juga: Alkohol: Memahami Bagaimana Minuman Ini Memicu Kambuhnya Asam Urat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi asam urat dalam darah dan melindungi terhadap asam urat . Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. 

Terlalu banyak asam urat dalam darah, juga dikenal sebagai hiperurisemia, dapat menyebabkan pembentukan kristal asam urat, yang menyebabkan asam urat.

Sebuah penelitian menemukan semakin banyak vitamin C yang dikonsumsi pria, semakin kecil kemungkinan mereka terkena asam urat. Para peneliti mempelajari 46.994 pria selama 20 tahun. 

Baca Juga: Mengenali Pemicu Kambuhnya Asam Urat dan Bagaimana Anda Mengelolanya

Pada akhir penelitian, 1.317 orang menderita asam urat. Peserta yang mengonsumsi lebih dari 1.500 miligram vitamin C per hari memiliki risiko 45% lebih rendah terkena asam urat dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 250 miligram per hari. 

Dalam penelitian lain, peneliti menemukan hubungan kuat antara suplementasi vitamin C dan penurunan kadar asam urat serum. Namun, tinjauan tersebut menyimpulkan bahwa saat ini tidak ada cukup bukti yang secara teratur merekomendasikan vitamin C untuk pencegahan atau pengobatan asam urat.

Cara Meningkatkan Vitamin C

Diet asam urat yang direkomendasikan untuk vitamin C untuk orang dewasa diatas 19 tahun adalah 90 miligram untuk pria dan 75 miligram untuk wanita. Orang yang merokok atau sedang hamil atau menyusui membutuhkan lebih banyak. 

Baca Juga: Latihan Fisik Ramah Asam Urat untuk Mencegah Rasa Sakitnya Muncul Kembali

Kebanyakan orang yang mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan produk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C hariannya. Misalnya, satu buah jeruk mengandung 82,7 miligram vitamin C, yang memenuhi kebutuhan harian wanita. 

Kandungan vitamin C pada makanan mungkin berkurang selama pemasakan dan jika disimpan dalam waktu lama. Cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin C adalah dengan memasukkan lebih banyak buah dan sayuran segar ke dalam makanan Anda.

Alternatifnya, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C berkualitas tinggi jika Anda merasa kesulitan memenuhi kebutuhan vitamin C hanya melalui pola makan.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Mengarahkan!

Mengutip halodoc, cara kerja dari vitamin C terhadap asam urat cukup simpel sebenarnya. Saat vitamin C masuk ke dalam tubuh, secara alami vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih lewat urine.

Sumber makanan vitamin C terbaik meliputi

  • Buah jeruk (jeruk, lemon, grapefruit, buah kiwi)
  • Stroberi, raspberry
  • Sirsak
  • Jambu biji
  • Blewah, pepaya, nanas, semangka

Diet dan Asam Urat

Penderita asam urat harus mengubah pola makannya untuk membantu mengurangi kadar asam urat dan serangan asam urat.  Modifikasi pola makan untuk asam urat antara lain menghindari atau membatasi:

  • Minuman beralkohol
  • Minuman dengan sirup jagung tinggi fruktosa
  • Daging merah dan jeroan (hati, lidah, ginjal)
  • Makanan laut (kerang, lobster, sarden, ikan teri)

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT