Sukabumi Update

Ramuan 7 Bahan Alami Untuk Penderita Kolesterol yang Jarang Diketahui

Ilustrasi - Ramuan 7 Bahan Alami Untuk Penderita Kolesterol yang Jarang Diketahui (Sumber : via Times of India)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beberapa ramuan dari bahan alami yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan ramuan ini sebaiknya didiskusikan dengan dokter Anda, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Berikut adalah beberapa ramuan bahan alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol:

1. Jahe

Jahe telah terbukti memiliki efek positif pada penurunan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba merebus potongan jahe dalam air untuk membuat ramuan jahe, atau menambahkan jahe segar ke dalam makanan atau minuman Anda.

Baca Juga: Mudah Ditemukan saat Lebaran, 6 Makanan yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Naik

2. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba mengonsumsi bawang putih mentah atau merebus beberapa siung bawang putih dalam air untuk membuat ramuan.

3. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba menambahkan kunyit ke dalam makanan Anda atau membuat ramuan kunyit dengan merebus kunyit dalam air.

4. Daun Jati Belanda

Daun jati belanda telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba merebus beberapa lembar daun jati belanda dalam air untuk membuat ramuan.

Baca Juga: 8 Mitos Tentang Kolesterol Tinggi yang Sering Beredar di Masyarakat, Simak Faktanya

5. Daun Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba merebus daun teh hijau dalam air untuk membuat ramuan, atau hanya minum teh hijau secara teratur.

6. Kulit Kayu Manis

Kulit kayu manis mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba merebus potongan kulit kayu manis dalam air untuk membuat ramuan.

7. Bunga Rosella

Bunga rosella mengandung senyawa antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba merebus bunga rosella dalam air untuk membuat ramuan, atau membuat minuman teh rosella.

Baca Juga: Mengenal Kolesterol LDL: Penyebab dan Bahaya Bagi Kesehatan Jika Dibiarkan

Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba ramuan atau pengobatan herbal apa pun, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Ramuan bahan alami ini dapat menjadi tambahan yang baik untuk pola makan sehat dan gaya hidup aktif Anda dalam menurunkan kadar kolesterol.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT