Sukabumi Update

Kolesterol Rentan Naik saat Lebaran, Konsumsi 8 Buah-buahan Ini Untuk Mengatasinya

Ilustrasi - Kolesterol Rentan Naik saat Lebaran, Konsumsi 8 Buah-buahan Ini Untuk Mengatasinya | Foto : Jane Trang Doan/Pexels

SUKABUMIUPDATE.com - Saat lebaran banyak orang mengeluhkan mengalami kenaikan kadar kolesterol akibat makanan yang dikonsumsi.

Saat lebaran memang biasanya banyak sekali makanan yang menggoda dimana diantaranya ada yang bisa menjadi faktor naiknya kolesterol dalam tubuh.

Namun, tak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi, karena kita bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi buah-buahan. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol:

Baca Juga: Mudah Ditemukan saat Lebaran, 6 Makanan yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Naik

1. Delima

Buah delima kaya akan antioksidan kuat yang disebut polifenol, yang telah terbukti membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, seperti asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

3. Jeruk

Jeruk mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Selain itu, jeruk juga mengandung flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: 6 Air Rebusan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

4. Apel

Apel kaya akan serat larut, terutama pektin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

5. Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

6. Blueberry

Blueberry mengandung senyawa yang disebut flavonoid, yang telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

7. Anggur

Anggur, terutama anggur merah, mengandung resveratrol, sejenis polifenol yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan melindungi arteri dari kerusakan.

8. Kiwi

Kiwi mengandung serat larut dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Memasukkan buah-buahan ini ke dalam pola makan sehat Anda secara teratur dapat membantu mendukung kesehatan jantung Anda dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, selalu disarankan untuk mengonsumsi beragam buah-buahan dan memadukan dengan pola makan yang seimbang dan gaya hidup aktif.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT