Sukabumi Update

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jati Belanda Untuk Penderita Gula Darah, Simak 9 Langkahnya!

Berikut ini langkah-langkah membuat air rebusan daun jati belanda yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Daun Jati Belanda, juga dikenal sebagai Insulin Plant atau misalnya, adalah tanaman herbal yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Daun Jati Belanda memiliki nama ilmiah Costus igneus dan berasal dari India.

Menurut laman Hello Sehat, secara umum khasiat tanaman herbal berasal dari fitonutrien atau zat kimia alami di dalamnya.

Beberapa kandungan fitonutrien yang terkandung dalam daun Guazuma ulmifolia yaitu alkaloid, flavonoid, saponin, terpenoid, steroid, kuinon, dan tanin.

Baca Juga: Gampang Dibuat! 8 Langkah Membuat Air Rebusan Bunga Rosella Untuk Menurunkan Gula Darah

Kandungan-kandungan fitonutrien tersebut diketahui memiliki efek antioksidan, anti peradangan, antidiabetes, antibakteri, dan antivirus yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Untuk memanfaatkan tanaman tersebut, berikut adalah cara membuat air rebusan daun Jati Belanda yang dapat membantu dalam mengelola kadar gula darah:

Bahan-bahan:

  • 5-6 daun Jati Belanda segar atau kering
  • 2 gelas air
  • Madu (opsional, sebagai pemanis)

Baca Juga: Simak 7 Langkah Mudahnya! Cara Membuat Air Rebusan Daun Salam Untuk Mengatasi Asam Urat

Langkah-langkah:

  1. Jika Anda menggunakan daun Jati Belanda segar, bersihkan daun dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau residu lainnya. Jika Anda menggunakan daun Jati Belanda kering, pastikan untuk membersihkannya dengan menyeka dengan kain bersih.
  2. Didihkan dua gelas air dalam panci besar.
  3. Setelah air mendidih, tambahkan daun Jati Belanda ke dalam panci. Biarkan daun direbus dalam air selama sekitar 5-10 menit.
  4. Biarkan daun Jati Belanda mendidih dalam air, sehingga nutrisi dan senyawa aktif dalam daun dapat larut ke dalam air.
  5. Saring air rebusan daun Jati Belanda menggunakan saringan atau kain bersih untuk memisahkan cairan dari potongan daun.
  6. Jika Anda menginginkan rasa yang sedikit manis, Anda dapat menambahkan sedikit madu ke dalam air rebusan. Aduk hingga madu larut.
  7. Biarkan air rebusan daun Jati Belanda didinginkan hingga suhu yang nyaman untuk diminum. Anda juga dapat menyimpannya di lemari es untuk diminum dingin.
  8. Tuangkan air rebusan daun Jati Belanda ke dalam gelas.
  9. Minumlah air rebusan daun Jati Belanda ini secara teratur, baik hangat maupun dingin, sebagai bagian dari rencana diet sehat Anda.

Baca Juga: Cukup Simple! 8 Langkah Membuat Air Rebusan Kunyit Untuk Mengatasi Asam Urat

Penting untuk dicatat bahwa air rebusan daun Jati Belanda sebaiknya dikonsumsi secara teratur sebagai bagian dari rencana pengelolaan gula darah Anda.

Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan Anda sebelum mengonsumsinya secara rutin, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang minum obat-obatan lain.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT