Sukabumi Update

5 Bahan Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Menjadi Normal Kembali

Ilustrasi Teh Rosemary- Beberapa bahan herbal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/jcomp).

SUKABUMIUPDATE.com - Diabetes dikenal sebagai penyakit yang bisa menggerogoti tubuh penderitanya. Pada penderita Diabetes, gula darah menjadi tinggi karena tubuh menjadi tidak responsif terhadap insulin.

Karena gula darah adalah penyakit kronis, dimana seseorang harus bergantung pada obat resep sepanjang hidupnya. Namun, sebagian besar obat-obatan ini memiliki beberapa efek samping dan berbahaya bagi organ lain jika digunakan dalam jangka panjang.

Untuk mengatasinya, banyak cara alami yang menjadi pilihan yang baik untuk pengobatan diabetes. Bahan-bahan herbal dianggap bisa menjadi solusi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut beberapa herbal untuk menurunkan gula darah yang dikutip dari laman pharmeasy.

1. Rosemary

Rosemary tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi juga bermanfaat menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, rosemary juga bertanggung jawab untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Ginseng

Sebagai bagian dari pengobatan oriental, ginseng telah digunakan selama berabad-abad. Ia memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh yang superlatif dan anti-diabetes. Ginseng mengurangi tingkat penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Ginseng juga mempercepat produksi insulin oleh pankreas.

3. Oregano

Ramuan ini memiliki efek dua arah terhadap gula darah tinggi. Pertama meningkatkan aktivitas di pankreas untuk membuat lebih banyak insulin dan mengurangi kadar gula darah dengan fungsi menghambat keinginan untuk makan makanan yang manis.

Kedua, glukosa dalam sel dimobilisasi karena komponen spesifik yang ada dalam daun oregano. Selain meningkatkan kesehatan untuk kekebalan tubuh, Oregano juga dapat mengurangi pembentukan karbohidrat dalam tubuh.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan pengobatan alternatif yang telah lama digunakan di India, Meksiko, Australia dan Amerika Selatan. Tanaman berdaging putih ini, dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengobati gangguan pencernaan.

Peradangan dalam tubuh ini yang bertanggung jawab atas banyak penyakit kronis seperti diabetes.

5. Jahe

Ramuan aromatik jahe telah digunakan untuk memerangi diabetes. Jahe diklaim dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membantu meningkatkan sekresi insulin.

Meskipun herbal dapat membantu mengendalikan beberapa gejala diabetes, penting untuk diingat bahwa herbal tidak dapat menyembuhkan seseorang. Oleh karena itu, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mencoba menggunakan apa pun.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT