Sukabumi Update

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah mengkudu, atau juga dikenal sebagai noni, adalah buah yang berasal dari pohon Morinda citrifolia yang tumbuh di daerah tropis. Buah ini memiliki ciri khas kulit hijau gelap dengan permukaan tidak rata dan bentuk bulat.

Meskipun rasanya agak pahit dan tidak enak jika dimakan secara langsung, buah mengkudu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya karena potensi manfaat kesehatannya seperti untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, asam urat dan tekanan darah tinggi.

Buah mengkudu sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena khasiatnya yang unik. Buah mengkudu mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah secara efektif, menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet penderita diabetes.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Khususnya, rebusan mengkudu direkomendasikan untuk pasien penderita gula karena membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Minuman alami ini juga bebas gula, sehingga cocok untuk individu yang memantau asupan karbohidratnya dengan cermat.

Dengan memasukkan buah atau rebusan mengkudu ke dalam rutinitas harian, penderita diabetes dapat mengambil langkah proaktif untuk mengelola kondisi mereka dengan lebih efektif.

Salah satu cara untuk mengonsumsi buah mengkudu untuk gula darah adalah dengan meminum air rebusannya. Berikut adalah resep rebusan buah mengkudu yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Rebusan Mengkudu

1. Bahan Rebusan

Siapkan dua buah buah mengkudu matang, 400 ml air dan satu sendok teh madu yang berfungsi menetralkan rasa pahit buah mengkudu.

2. Cuci Bersih Buah Mengkudu

Sebelum merebus, cuci dahulu buah mengkudu di air yang bersih dan mengalir agar kotoran di kulit buahnya terbuang. Pastikan buah mengkudu yang akan digunakan untuk merebus sudah matang dan tidak terlalu lunak.

3. Merebus Mengkudu

Potong tipis-tipis buah mengkudu dan masukan kedalam panci. Tuangkan air putih 400 ml dan rebus hingga mendidih. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 10 menit, atau sampai air berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah itu, lalu angkat dan saringlah air rebusannya.

4. Masukan Madu

Setelah air rebusan telah disaring dan dimasukan ke dalam gelas, lalu campurkan satu sendok teh madu atau secukupnya sesuai selera. Air rebusan mengkudu tidak akan pahit karena telah dicampur madu dan siap diminum guna menurunkan kadar gula darah.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT