Sukabumi Update

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa daun herbal telah dikenal memiliki potensi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut beberapa contohnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

  • Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung senyawa seperti beta-sitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Baca Juga: Cara Membuat Rebusan Buah Bit untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

  • Daun Jati Belanda

Daun jati belanda mengandung flavonoid dan tanin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

  • Daun Alpukat

Daun alpukat mengandung senyawa fitokimia yang disebut beta-sitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Baca Juga: Cara Membuat Air Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

  • Daun Teh Hijau

Daun teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

  • Daun Sambiloto

Daun sambiloto mengandung senyawa yang disebut andrografolid yang memiliki efek menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

  • Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan yang disebut annonaceous acetogenins yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

  • Daun Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa mengandung senyawa aktif seperti polifenol, flavonoid, dan saponin yang memiliki potensi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Cara Membuat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Selain itu, penting juga untuk menjaga pola makan sehat dan gaya hidup aktif untuk membantu mengelola kadar kolesterol secara efektif.

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT