Sukabumi Update

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Batuk dan pilek atau lebih sering disebut bapil adalah dua penyakit yang kerap dialami oleh sebagian banyak orang.

Untuk mengatasi batuk pilek, kamu bisa mencoba makanan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejalanya.

Berikut beberapa makanan yang bisa membantu:

Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

  • Sup Ayam

Sup ayam mengandung nutrisi yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama jika ditambahkan dengan bawang putih dan bawang merah yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

  • Buah-buahan Citrus

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan lime kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi durasi pilek dan mempercepat pemulihan.

  • Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus yang dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Kamu bisa menambahkan irisan jahe ke dalam teh atau sup.

  • Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan melembapkan yang dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam teh hangat atau minuman lainnya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Mengonsumsi bawang putih mentah atau ditambahkan ke dalam makanan dapat membantu mengurangi gejala pilek.

  • Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Minuman Hangat

Minuman hangat seperti teh herbal, kaldu tulang, atau susu hangat dapat membantu melegakan tenggorokan dan meredakan gejala pilek.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak cairan, hindari makanan yang dapat memperburuk gejala seperti makanan pedas atau berlemak, dan istirahat yang cukup untuk mempercepat pemulihan.

Jika gejala pilek parah atau berlangsung lebih dari beberapa hari, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu The Way You Look At Me Nyoman Paul Andi Rianto

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT