Sukabumi Update

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).

SUKABUMIUPDATE.com - Serai, juga dikenal sebagai sereh atau lemon grass dalam bahasa Inggris, adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan sering digunakan dalam masakan, pengobatan tradisional, dan aromaterapi.

Namun tak disangka bahwa aroma dan rasa serai yang lembut memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa alasan teh serai sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda, dikutip via Times of India.

1. Membantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Minum teh serai dapat membantu mengurangi hipertensi dan tekanan darah sistolik tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai khasiat serai yang diterbitkan dalam jurnal digital ResearchGate, ditemukan bahwa orang yang meminum teh ini setiap hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan sedikit peningkatan tekanan darah diastolik.

Mereka juga memiliki detak jantung yang jauh lebih rendah. Disimpulkan bahwa hal ini dapat mencegah penurunan detak jantung secara tiba-tiba.

2. Bertindak sebagai Diuretik

Teh serai berfungsi sebagai diuretik alami, yang membantu menghilangkan racun dan natrium dalam bentuk cairan berlebih. Diuretik membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Sebuah penelitian tahun 2001 yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa diuretik membantu mencegah kerusakan organ tanpa efek samping apa pun.

3. Mengurangi Kadar kolesterol Jahat

Menyeruput teh serai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research ditemukan bahwa minyak serai dan ekstrak alaminya dapat membantu menurunkan kolesterol pada hewan.

4. Antioksidan yang Menyehatkan Jantung

Serai memiliki antioksidan yang menyehatkan jantung seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin, yang membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan keampuhan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan meningkatkan regenerasi sel.

Ini membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kehadiran Geraniol dan Terpenoid dalam serai membantu mengatur kolesterol dalam tubuh dengan lebih baik.

Cara membuat Teh Serai di Rumah

Untuk membuatnya, ambil panci dan rebus 2 gelas air. Sementara itu, cuci dan potong serai, masukkan ke dalam air dan diamkan selama 3-4 menit. Matikan api, saring teh, tambahkan irisan lemon dan madu sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan sejumput kayu manis untuk meningkatkan khasiat teh.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT