Sukabumi Update

5 Gaya Hidup Sehat untuk Melarutkan Asam Urat di Sendi, Yuk Simak Disini!

Ilustrasi. Olahraga Rutin.Kristal asam urat dapat di atasi dengan pola gaya hidup sehat. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda tiba-tiba mengalami nyeri sendi yang luar biasa dan rasa tidak nyaman yang berkepanjangan, mungkin saja menderita sejenis radang sendi yaitu asam urat.

Asam urat sendiri disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh seseorang. Asam urat, merupakan senyawa kristal yang biasanya disaring oleh ginjal dan dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Namun, jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, kristal dapat terbentuk sehingga menyebabkan kondisi seperti asam urat. Inilah sebabnya mengapa menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal ini penting.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Kristal Asam Urat dari Sendi yang Sering Terasa Sakit

Selain dengan minum obat, gaya hidup sehat seperti mengubah pola makan, dan berolahraga adalah kunci sukses untuk melarutkan kristal asam urat.

Modifikasi Gaya Hidup

1. Makanlah Makanan yang Sehat dan Seimbang

Langkah yang pertama adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Cobalah makan makanan sehat, kaya serat, dan protein tanpa lemak. Anda juga harus menghindari lemak jenuh, seperti keju, mentega, dan margarin.

Kurangi asupan gula, termasuk sirup jagung fruktosa tinggi dan minuman ringan, yang semuanya dapat memicu serangan asam urat. Sebaliknya cobalah untuk memasukkan:

  • Bayam
  • Brokoli
  • Raspberi
  • Barang dari gandum utuh
  • Beras merah
  • Kacang hitam
  • Ceri
  • Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak

Baca Juga: Solusi Atasi Rasa Sakitnya: 8 Obat Alami Asam Urat untuk Mencegah Kembali Kambuh

2. Hindari Makanan Tinggi Purin

Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Zat alami dalam makanan yang disebut purin diubah menjadi asam urat oleh tubuh Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi purin dapat menyebabkan serangan asam urat dalam beberapa hari setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Hindari makanan tinggi purin seperti jeroan jantung, babat, hati, usus, ampela dan batasi daging seperti seafood dan daging merah.

3. Tetap Terhidrasi

Perhatikan apa yang Anda minum dan tetap terhidrasi. Minum enam hingga delapan gelas cairan bebas alkohol berukuran 8 ons setiap hari telah terbukti membantu mengatasi asam urat.

Baca Juga: Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Cairan umumnya diperhitungkan dalam rekomendasi air, tetapi yang terbaik adalah tetap menggunakan air. Anda juga harus meminimalkan atau berhenti minum alkohol karena dapat memetabolisme dan meningkatkan kadar asam urat.

Jika Anda memang ingin minum selain air putih, carilah minuman yang tidak tinggi gula, sirup jagung tinggi fruktosa, atau berkafein. Gula dapat meningkatkan risiko asam urat dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Anda tetap bisa minum kopi secukupnya (dua hingga tiga cangkir sehari). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, meskipun penelitian tersebut tidak menunjukkan penurunan serangan asam urat.

Baca Juga: 11 Pilihan Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Penderita Asam Urat

4. Konsumsi Lebih Banyak Vitamin C

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, meskipun penelitian tersebut tidak menunjukkan penurunan serangan asam urat.

Vitamin C disarankan dapat membantu ginjal Anda mengeluarkan asam urat, tetapi belum banyak penelitian yang meyakinkan. Jika Anda lebih suka meningkatkan vitamin C melalui pola makan, cobalah makan:

  • Buah-buahan: melon, jeruk, buah kiwi, mangga, pepaya, nanas, stroberi, raspberry, jambu biji
  • Sayuran: brokoli, kubis brussel, kembang kol, paprika hijau dan merah, bayam, kubis, lobak hijau, kentang putih, tomat.

Baca Juga: 9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

5. Olahraga

Cobalah berolahraga setidaknya 30 menit sehari yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, sehingga menurunkan peluang Anda terkena asam urat. Penurunan berat badan telah dikaitkan dengan penurunan kadar asam urat.

Lakukan jenis olahraga apa pun yang paling mudah Anda lakukan. Misalnya, jika Anda tidak bisa jogging selama 30 menit, cobalah jalan cepat setidaknya selama 15 menit.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT