Sukabumi Update

5 Manfaat Teh Mawar Untuk Kesehatan Wanita, Bisa Bikin Awet Muda, Lho!

Ilustrasi. Inilah manfaat teh mawar bagi kesehatan wanita jika dikonsumsi secara rutin. Sumber foto : Pixabay/@HCshearer

SUKABUMIUPDATE.com - Teh mawar terbuat dari kelopak dan kuncup semak mawar. Rasa minuman herbal ini ringan dan halus, kandungannya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita.

Mengutip dari sebuah artikel di laman healthshots.com yang diunggah pada 14 Mei 2024, teh mawar konon berasal dari Tiongkok dan digunakan sebagai obat tradisional Tiongkok.

Meskipun teh mawar tidak mengandung kalori, teh mawar memiliki beberapa vitamin dan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E. Dikutip dari artikel yang sama, ada 5 manfaat yang baik dari teh mawar untuk kesehatan wanita, diantaranya:

Manfaat Teh Mawar Untuk Kesehatan Wanita

1. Menghidrasi

Salah satu manfaat terbesar teh mawar adalah sangat menghidrasi. Kandungan utama teh mawar adalah air, dan ini merupakan minuman yang cocok bagi mereka yang selalu lupa minum cukup segelas air putih dalam sehari.

Kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan gejala kelelahan, sakit kepala, serta masalah yang lebih serius seperti tekanan darah rendah, kata National Institute of Health. 

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

2. Meningkatkan Relaksasi

Minum teh mawar juga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Heliyon.

Demikian pula, minuman ini juga dapat membantu mengatasi kecemasan akibat kurang tidur , kata penelitian pada tikus ini, yang diterbitkan dalam Journals of Medicinal Food.

3. Memiliki Efek Antioksidan

Antioksidan menghentikan produksi radikal bebas dan dapat membantu mencegah penyakit kronis dan membangun kekebalan tubuh. Teh mawar mengandung antioksidan seperti polifenol. 

Polifenol dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, serta penyakit kardiovaskular, dan diabetes, kata penelitian ini, yang diterbitkan di Molecules. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pilihan Makanan Pendamping untuk Anak yang Masih Minum ASI

4. Mengurangi Nyeri Haid

Jika Anda bukan orang yang suka mengonsumsi obat pereda nyeri saat menstruasi, maka teh mawar adalah alternatif yang baik. Sebuah penelitian yang dikutip dalam Journal of Midwifery & Women's Health, mengevaluasi efek teh mawar pada 130 remaja di Taiwan.

Mereka diberi dua cangkir teh mawar setiap hari selama 12 hari, satu minggu sebelum menstruasi. Mereka mengikuti ini selama enam siklus menstruasi. Teh mawar terlihat membantu mengatasi nyeri haid.

5. Meningkatkan Kualitas Kulit

Mawar adalah salah satu bahan paling populer dalam produk perawatan kulit. Kelopak mawar bersifat antioksidan dan anti inflamasi serta dapat membantu kulit tampak lebih muda dan sehat. Kelopak mawar juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu mencegah jerawat.

Tidak ada dosis standar untuk teh mawar namun mengonsumsi 1-2 cangkir per hari umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang. Namun, disarankan untuk memulai dengan jumlah yang lebih kecil dan memantau respons tubuh Anda.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Alami Untuk Atasi Asam Urat, Efektif Tak Bergantung Pada Obat

Tidak seperti teh lain dan kebanyakan minuman panas, teh mawar bebas kafein. Inilah sebabnya mengapa ini merupakan pengganti yang bagus untuk minuman panas lainnya. 

Namun, pastikan Anda hanya menggunakan kelopak mawarnya saja. Karena jika dicampur dengan daun teh lain, pasti ada kandungan kafeinnya.

Sumber : healthshots.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT