Sukabumi Update

5 Cara Mengatasi Serangan Asam Urat yang Menyakitkan, Begini Langkahnya

Ilustrasi - Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat asam urat menyerang, ini akan menganggu aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan dan lainnya. Sakit yang disebabkan oleh asam urat dapat berlangsung selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, dengan rasa sakit yang paling parah biasanya terjadi pada hari pertama atau kedua.

Meskipun hal terbaik yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter, namun ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk segera meringankan gejala asam urat. Dihimpun dari laman arthritis-health, berikut langkahnya.

1. Minumlah Secara Teratur Resep Obat dari Dokter

Jika Anda pernah mengalami serangan asam urat sebelumnya, dokter Anda mungkin telah meresepkan obat untuk mengatasi serangan tersebut. Ini mungkin merupakan garis pertahanan pertama Anda yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

2. Oleskan es Pada Sendi yang Sakit

Terapi dingin dapat meredakan nyeri secara signifikan dengan mengurangi peradangan dan menghilangkan sinyal nyeri. Jika perawatan ini berhasil untuk Anda, Anda dapat mengoleskan kompres dingin secara berkala sepanjang hari selama 10 hingga 20 menit setiap kalinya.

3. Tinggikan Sendi

Menopang sendi yang terkena dapat mengurangi tekanan dan mengurangi rasa sakit. Jika jempol kaki Anda terkena dampaknya (sekitar setengah dari semua kasus asam urat mempengaruhi jempol kaki), letakkan di atas bantal atau tumpuan kaki.

4. Relaks dan Istirahat Sendi

Istirahatkan sendi yang terkena dan pertahankan tekanan sampai nyeri mereda. Sediakan sandal yang lapang, sehingga kaki Anda tetap nyaman sampai serangan berlalu.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

5. Tetap Terhidrasi

Minum air sepanjang hari akan membantu mengeluarkan asam urat dari sistem Anda. Usahakan minum 8 gelas sehari. Jauhi alkohol dan minuman manis, seperti soda dan minuman olahraga, yang dapat memperburuk asam urat Anda.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT