Sukabumi Update

Alami Diabetes? Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Untuk Kendalikan Gula Darah

Ilustrasi - Air Biji Ketumbar yang menjadi salah satu bahan alami untuk mengendalikan gula darah (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Diabetes telah menjadi masalah kesehatan global yang telah mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ketika berbicara tentang mengatasi kadar gula darah terkadang jawabannya terletak pada pola makan.

Meskipun perawatan medis dan perubahan gaya hidup penting untuk mengelola diabetes. Namun ada juga beberapa pengobatan alami di rumah yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Mengutip dari sebuah artikel yang di unggah pada laman healthshots.com tanggal 8 Juni 2023, ada 7 bahan alami yang bisa kendalikan gula darah untuk penderita diabetes. Berikut ini diantaranya:

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

1. Air Biji Ketumbar

Kaya nutrisi penting di dalam biji ketumbar telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit, termasuk salah satunya adalah diabetes. Mengandung senyawa yang membantu merangsang sekresi insulin dan menurunkan kadar gula darah.

2. Bunga Tapak Dara

Tapak Dara juga dikenal sebagai periwinkle merupakan tanaman berbunga yang berpotensi dalam mengelola diabetes. Tanaman ini mengandung alkaloid yang dapat merangsang sekresi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Daun Sirih

Daun sirih umumnya dikenal sebagai paan telah digunakan dalam pengobatan tradisional karena sifat antidiabetesnya. Daun ini mengandung senyawa aktif yang membantu mengatur kadar glukosa darah.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

4. Okra

Dikenal sebagai ladyfinger atau okra adalah sayuran serbaguna yang memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk membantu mengelola diabetes. Mengandung serat larut untuk memperlambat pencernaan dan membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Selain itu, mengandung senyawa yang meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Biji Kelabat

Biji kelabat atau fenugreek telah lama dikenal karena khasiat obatnya, terutama dalam mengelola diabetes. Biji ini kaya akan serat dan beberapa senyawa yang membantu menurunkan kadar gula darah.

6. Bawang

Biasa ditemukan di hampir setiap dapur, bawang menawarkan lebih dari sekedar rasa pada masakan. Mereka mengandung senyawa sulfur yang terbukti menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: 6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

7. Pare

Labu pahit juga dikenal sebagai pare atau karela terkenal dengan sifat hipoglikemiknya. Mengandung charantin yang memiliki efek seperti insulin dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Itulah 7 bahan alami untuk kendalikan gula darah dan bisa jadi obat alami untuk diabetes yang dilakukan di rumah.

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT