Sukabumi Update

3 Kanker Ini Paling Banyak Diderita Kaum Pria

SUKABUMIUPDATE.com - Kanker dapat menyerang siapa saja, perempuan maupun laki-laki. Namun ada tiga jenis kanker yang penderitanya didominasi oleh kaum Adam.

Menurut Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, kanker paru adalah kanker nomor satu atau yang paling banyak dialami oleh pria. "Karena pria lebih banyak yang merokok," kata Aru dalam konferensi pers Hari Kanker Sedunia, Kamis, 9 Februari 2017.

Kanker kedua yang dialami pria adalah kanker prostat. "Karena kaum lelaki memiliki ini dan wanita tidak," ujarnya.

Ketiga adalah kanker usus besar. "Kanker usus besar ini juga urutan nomor tiga dalam kasus kanker yang dialami wanita," kata dia.

Menurut Aru, faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker adalah sosial ekonomi, sosial budaya, dan aktivitas kehidupannya atau gaya hidup.

"Seseorang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau fastfood dan kurang makan sayur, lebih mudah terkena kanker usus besar". Itu sebabnya, kanker usus besar menduduki peringkat ketiga.

Adapun, kanker nomor satu atau yang paling banyak dialami wanita adalah kanker payudara. "Nomor duanya adalah kanker serviks," ujar Aru.

Untuk mengetahui adakah kanker di tubuh Anda, Aru menyarankan agar melakukan pemeriksaan dini. "Ini juga untuk memudahkan penanganannya jika memang ada tumor atau kanker di tubuh Anda," kata dia.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI