Sukabumi Update

Alasan Anak Wajib Sikat Gigi Sebelum Tidur Malam

SUKABUMIUPDATE.com - Orang tua harus membiasakan anak menyikat gigi dua kali dalam sehari. Terutama di malam hari. Menurut dokter gigi Felicia Melati wajib menyikat gigi di malam hari karena kemampuan air liur membersihkan gigi berkurang. 

"Karena aliran air liur berkurang ketika tubuh tertidur sehingga kemampuan air liur membersihkan gigi juga berkurang," ujarnya dalam seminar media di Jakarta. Felicia juga mengingatkan orang tua untuk menemani anak menyikat gigi hingga usia 8 tahun. 

Menurut Felicia, gerakan menyikat gigi merupakan gerakan motorik halus. "Gerakan motorik halus anak belum berkembang dengan baik hingga usia 8 tahun," katanya. Felicia menyarankan orang tua bisa membiarkan anak menyikat gigi terlebih dahulu, baru setelahnya membantu menyikatkan bagian gigi yang sulit terjangkau. 

Contohnya bagian dalam gigi yang sering terlupakan dan biasanya anak kesulitan menyikat bagian ini. Untuk penggunaan pasta gigi, menurut Felicia sifatnya opsional. Pasta gigi mengandung flour yang baik untuk gigi dan memiliki perasa sebagai daya tarik untuk anak.

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI