Sukabumi Update

Tak Hanya Rokok, Ini Penyebab Lain Kanker Paru

SUKABUMIUPDATE.com - Kanker paru-paru adalah suatu kondisi dimana sel-sel tumbuh secara tidak terkendali di dalam paru-paru. "Sel ganas yang tidak terkendali pertumbuhannya, yang berasal dari sel epitel saluran napas atau jaringan paru," kata Dokter Spesialis Paru dari Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Persahabatan, Jamal Zaini kepada Tempo, Jumat (24/3).

Jamal menjelaskan yang disebut kanker paru adalah kanker yang terdapat atau bersumber di paru. "Kalau kanker dari payudara yang menyebar ke paru, itu bukan kanker paru tapi kanker payudara, karena sumbernya tidak di paru," ujarnya.

Menurut Jamal, ada beberapa penyebab seseorang mengalami kanker paru. Pertama, rokok. "Sekitar 70 sampai 80 persen perokok aktif atau pasif mengalami kanker paru," ujar Jamal. 

Kedua, adanya kelainan genetik pada sel jaringan paru yang merusak gen. "Ini kami menyebutnya faktor genetik," kata dia.

Ketiga, radon atau zat radioaktif. "Ini dari uranium yang ada di rumah terhirup dan mengendap di paru. Tapi, belum ada data berapa pasien di Indonesia yang mengalami kanler paru karena radon ini," kata Jamal.

Kempat, zat kimia. Kelima, infeksi dan terakhir polusi udara. "Sekitar 20 sampai 25 persen, pasien tidak merokok tapi mengalami kanker paru yang disebabkan karena radon, infeksi, polusi udara dan lainnya ini," ujarnya.

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI