Sukabumi Update

Kulit Tangan Bisa Terlihat Lebih Tua Ketimbang Wajah

SUKABUMIUPDATE.com - Kulit wajah berkerut dan uban adalah indikator termudah yang menunjukkan masalah penuaan. Selain wajah dan uban, ada bagian tubuh lainnya yang kerap dilupakan, yaitu tangan dan kuku.

“Tangan dapat terlihat lebih tua dibanding wajah, karena lemak yang sangat rendah, paparan sinar matahari, paparan panas dan dingin yang ekstrim, dan kimia,” ujar dernatolog Schweiger Dermatology Group Patricia Ceballos.

#Usia 20
“Cara merawat tangan sangat penting di usia ini, sebagai landasan masa depan kulitmu," ujar ahli kecantikan Donna Perillo. Eksfoliasi menggunakan scrub, diikuti moisturizer dengan krim tangan favorit, sudah cukup untuk perawatan tangan dan kuku.

Ceballos menambahkan penggunaan tabir surya pada usia 20-an sangat dibutuhkan untuk mencegah kulit penuh noda di usia 40 ke atas. Bagian atas tangan adalah salah satu area yang sering dilupakan untuk mengaplikasikan tabir surya. Gunakan losion tangan yang mempunyai perlindungan matahari.

#Usia 30
Cukup banyak perempun yang menunggu usia 30 untuk mempunyai anak. Padahal kehamilan di usia itu, menurut Perillo, membuat hormon berfluktuasi dan menjadi faktor yang sangat berperan dalam elastisitas kulit. Lagipula, matriks kuku dapat menipis karena penuaan alami, yang dapat menyebabkan onychorrhexis atau sindrom kuku rapuh. Kondisi ini membuat kuku sering patah pada bagian ujung.

Perillo menyarankan menggunakan krim tangan yang mengandung shea dan cocoa butter pada bagian kutikula untuk mengembalikan hidrasi pada kuku. Punggung kuku yang memanjang dari kutikula ke bagian ujung kuku dapat diatasi dengan filling dan buffing permukaan kuku, serta massage kuku dengan minyak emolien alami. “Minyak zaitun pilihan yang sangat baik,” ujar Ceballos.

#Usia 40
Pada usia ini, Anda mungkin mulai memperhatikan perawatan kuku yang dilakukan seperti manikur gel atau akrilik yang dapat menyebabkan kuku patah dan sakit. Sebab, lempeng kuku mulai berkurang kekuatannya seiring bertambahnya usia.

Jika kamu sering terpapar sinar matahari sebelumnya, pada usia ini waktunya bintik hitam dan penuaan mulai muncul. Kamu juga mulai menyadari banyaknya pembuluh darah terlihat karena kolagen di tangan mulai menipis.

Pilih produk perawatan alami yang tidak mengandung bahan kimia yang terlalu keras untuk memotong kutikula atau mengikir kuku. Ceballos menyarankan memakai retinoids dan alpha hidroxy acids secara topikal dan konsisten untuk menyamarkan bintik-bintik penuaan atau menggunakan laser oleh dermatolog.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI