Sukabumi Update

9 Makanan Super Pereda Gejala Asma

SUKABUMIUPDATE.com -  Asma adalah salah satu alergi yang dipicu penyakit kekebalan tubuh. Bila sedang kambuh, penderita asma akan mengalami kesulitan bernapas.

Selain obat-obatan medis, asma juga bisa diredakan dengan makanan alami. Yang perlu diingat adalah lain orang, lain pula reaksinya terhadap makanan tersebut. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa membantu melawan asma, seperti dilansir India Times.

1. Avokad

Buah ini adalah makanan antiasma yang luar biasa dan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat dalam avokad juga mampu membersihkan tubuh dari polutan dan zat-zat berbahaya lain.

2. Kale

Sumber vitamin C yang luar biasa dan memiliki kemampuan untuk menghadang radikal bebas yang bisa menyebabkan kontraksi otot-otot kecil di saluran pernapasan. Kale juga sumber betakaroten yang bagus serta antioksidan yang ampuh mengusir gejala asma.

3. Bayam

Bayam mampu menurunkan risiko asma berkat kandungan vitain C, betakaroten, vitamin E, dan magnesium. Kekurangan magnesium umum dialami penderita asma. Bayam juga mengandung potasium. Kekurangan zat ini bisa memperburuk gejala asma.

4. Pisang

Menurut sebuah penelitian di Imperial College London, Inggris, pada 2011, anak-anak yang makan minimal sebuah pisang sehari memiliki risiko terserang gejala asma yang lebih kecil 34 persen dibanding yang tidak makan pisang. Buah ini kaya serat, yang bisa membantu mengatasi masalah paru-paru, termasuk asma.

5. Air putih

Dalam banyak kasus, dehidrasi bisa menyebabkan gejala asma. Menurut beberapa pakar kesehatan, asma adalah salah satu kondisi di mana tubuh kekurangan air.

6. Jahe

Mengandung zat-zat antiperadangan dan diklaim lebih manjur dibanding obat-obatan antihistamin pelega saluran pernapasan. Jahe juga alami dan tidak memiliki efek samping.

7. Kunyit

Membantu melancarkan aliran darah dan melemaskan otot sehingga kunyit juga mampu mengusir gejala asma.

8. Apel

Kaya kuercetin, zat yang mampu melawan asma.

9. Biji chia

Sumber asam lemak Omega-3, magnesium, dan kuercetin sehingga biji chia baik untuk dikonsumsi penderita asma. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suplemen Omega-3 ternyata juga mampu meredakan gejala asma, terutama yang disebabkan alergi.

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI