Sukabumi Update

Bahan Kimia Kosmetik yang Harus Dihindari Ibu Hamil

SUKABUMIUPDATE.com - Selama kehamilan, kosmetik termasuk daftar produk yang harus dihindari ibu hamil. Sebab, ada beberapa bahan kimia dalam produk kecantikan yang berdampak buruk pada kesehatan ibu, juga memicu gangguan janin. 

Seperti yang dikutip tempo dari New York Post, riset yang dilakukan Columbia University menunjukkan ketika ibu hamil terpapar zat kimia tertentu dalam beberapa produk kecantikan, seperti lipstik dan cat kuku, perkembangan intelektual janin berisiko terganggu.

Ibu hamil harus dijauhkan dari produk kecantikan yang mengandung bahan penghambat endokrin, seperti bisphenol A atau BPA, atrazin, phthalates, dioxin, dan perklorat. Bahan ini mempengaruhi hormon dan sistem endokrin serta dapat mengakibatkan cacat lahir, tumor, dan masalah perkembangan pada janin. 

Bahan kimia ini biasanya terdapat pada parfum yang mengandung phthalates, pewarna rambut yang mengandung amonia, serta cat kuku yang mengandung metilbenzena dan toluena. Bahan kimia amonia berbahaya karena dapat mempengaruhi paru-paru dan kulit, sedangkan metilbenzena dan toluena memiliki efek karsinogenik.

Bahkan krim yang digunakan untuk waxing bersifat toksik karena mengandung thioglycolic acid. Sebaiknya hindari penggunaan kosmetik atau konsultasi ke dokter untuk keamanan kesehatan penggunaan kosmetik selama kehamilan. 

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI