Sukabumi Update

Jangan Bosan Minum Susu, Efeknya Terasa hingga Lanjut Usia

SUKABUMIUPDATE.com - Susu tak hanya membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Hingga dewasa dan lanjut usia pun, susu tetap memberikan pengaruh baik bagi kesehatan. Dokter ahli gizi, anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Marudut menjelaskan, kebutuhan gizi setiap individu berbeda di setiap tahap perkembangannya. 

Ia juga merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2013 menginformasikan kebutuhan gizi seseorang berdasarkan tahapan usia dan jenis kelamin.

Menurut dia, pemenuhan gizi di setiap tahap tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia. "Berbagai zat gizi yang terdapat dalam segelas susu dapat memberi manfaat bagi manusia di setiap tahap kehidupannya," kata Marudut dalam diskusi cerdas Frisian Flag Indonesia seri 2 di Jakarta, Rabu (7/6).

Dosen Jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II ini menjelaskan, pada periode 1000 hari pertama kehidupan, tahap tumbuh-kembang yang sangat penting dalam menentukan sumber daya manusia di masa yang akan datang adalah pembentukan jaringan otak. "Jaringan otak terdiri dari 50-60 persen lemak dan bagian terbesar lainnya protein serta berbagai vitamin dan mineral dalam jumlah lebih sedikit," ujarnya.

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI