Sukabumi Update

Para Pekerja Dianjurkan Tidur Siang Di Kantor Selama 20 Menit

SUKABUMIUPDATE.com - Selama ini tidur siang di kantor merupakan hal yang tabu untuk dilakukan. Padahal tidur siang yang dianjurkan untuk dilakukan di kantor hanya memakan waktu selama 20 menit, bahkan lebih singkat dari waktu makan siang. Lantas mengapa hal tersebut dianggap tabu? 

Tidur pukul 2 siang, saat rekan kerja lain tengah sibuk-sibuknya mencatat memo atau membalas email mungkin terdengar seperti egois, namun ternyata diperlukan oleh pekerja untuk mengisi kembali energi dan semangatnya.

Josh Bersin, pendiri Bersin by Deloitte pusat penelitian dan pelayanan yang memfokuskan diri untuk memberi saran pada banyak perusahaan di Amerika Serikat mengatakan banyak perusahaan yang memiliki masalah terkait dengan produktivitas pekerja. Alasannya? Pekerja merasa tertekan selama melakukan tugasnya.

"Mereka berpikir bahwa stres timbul akibat merasa tidak mampu mengikuti ritme pekerjaan. Padahal perusahaanlah yang menimbulkan hal tersebut. Apa yang harus dilakukan? Tidur," kata Bersin.

Bersin mengakui tidak semua orang memiliki kesempatan untuk tidur siang di kantor karena aktivitas yang berbeda-beda. Tapi hal itu bisa diakali dengan memanfaatkan waktu makan siang atau coffee break. "Istirahatkan sejenak tubuh Anda. Setelah itu, produktivitas mengalami peningkatan,” jelas Josh Bersin.

Bersin mengatakan saat iin kiita hidup di zaman dimana semua orang memprioritaskan pekerjaan. Pemimpin perusahaan berpikir bahwa dengan teknologi akan lebih mudah mengakses berbagai keperluan dan para pekerja akan mudah memahami berbagai hal tentang tugasnya. Kenyataannya, mereka justru kesulitan memahami banyak hal dalam satu waktu. "Hal tersebut akan berimbas pada produktivitas dan kesehatan pada pekerjanya.”

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nature Neuroscience, menghasilkan kesimpulan serupa. Para peneliti mengatakan terdapat perbedaan daya tangkap yang cukup signifikan terhadap seseorang yang menyempatkan tidur sejenak di tengah-tengah padatnya pekerjaan. “Bagi seseorang yang tidak cukup tidur di malam hari, tidur siang merupakan obat mujarab untuk kembali fokus," kata Dr Sara Mednick, wakil peneliti sekaligus psikolog dari University of California, Riverside.

Orang yang cukup tidur di malam hari pun, kata Mednick, akan merasakan khasiat tidur siang, yakni lebih mudah menyerap hal-hal baru selama bekerja. Tidur siang selama 20 hingga 60 menit dapat membantu meningkatkan daya ingat dan menyerap informasi baru.

Bagi Anda yang mungkin tertarik untuk mencoba tidur siang di kantor, berikut cara mendapatkan tidur siang berkualitas dengan waktu terbatas.

Pilih tempat yang nyaman, jika memungkinkan tempat yang tidak didatangi oleh rekan kerja lain agar lebih mudah terlelap.

Buat area (tempat) tidur siang Anda seredup mungkin. Jika hal tersebut tidak mungkin dilakukan, bawa penutup mata sendiri dari rumah. Penutup telinga pun dapat Anda gunakan agar hasilnya lebih maksimal.

Pasang alarm, jangan tidur siang lebih dari 20 menit jika Anda tidak ingin bangun dari tidur dengan kondisi sleep inertia, kondisi dimana tubuh seseorang mengalami kesulitan untuk kembali terjaga; otot tubuh terasa sangat lemah sehingga mengantuk.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI