Sukabumi Update

Dampak Buruk Terlalu Sering Mencuci Wajah

SUKABUMIUPDATE.com - Mencuci wajah menjadi kegiatan rutin yang baik untuk menghilangkan kotoran dan debu polusi pada wajah. Namun berapa kali Anda mencuci wajah setiap hari, dua kali, tiga kali atau bahkan lebih?

Terlalu sering mencuci wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulit wajah karena seperti diketahui bahwa selain menghilangkan kotoran, mencuci wajah juga akan menghilangkan minyak dari wajah kita. Sedangkan menurut dokter kecantikan dan ahli estetika dari CRUDE Personal Care, AS, Denise Cartwright minyak alami di wajah memiliki banyak manfaat untuk wajah.

"Pembersih wajah akan menghilangkan perisai alami wajah yakni minyak di wajah kita. Selain itu pembersih wajah akan membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan mengganggu koloni bakteri baik yang ada di wajah sehingga ketika terpapar lingkungan bebas maka wajah akan lebih rentan," terangnya.

Bakteri baik bisa membantu melepaskan sel kulit mati (Depositphotos).

Soal bakteri baik pada wajah, Denise mengatakan bahwa bakteri tersebut justru mengetahui persis apa yang dibutuhkan oleh wajah Anda.

"Mikrobiologi di kulit wajah Anda akan "berkomunikasi" langsung dengan sistem kekebalan tubuh dan membiarkannya tahu persis apa kebutuhan kulit Anda. Bila Anda menyingkirkan bakteri ini maka Anda akan kehilangan manfaat yang ia tawarkan seperti membantu melepaskan sel kulit mati," jelasnya.

Lebih lanjut ia menyarankan untuk mencuci wajah sehari dua kali saja yakni pada pagi hari dan sebelum tidur.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI