Sukabumi Update

Dinkes Kabupaten Sukabumi Beri Tips Asupan Gizi Selama Ramadhan

SUKABUMIUPDATE.com - Selama menjalani ibadah ramadan, kaum muslim diminta untuk menjaga pola makan sehat. Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, memberikan tips khusus asupan gizi agar selama berpuasa kaum muskim tetap bisa produktif.

Kepala Sub Perencanaan dan Evaluasi Dinkes Kabupaten Sukabumi, Yuni Sri Heryanti mengatakan, tidak ada alasan untuk tidak berpuasa di bulan suci Ramadhan bagi umat muslim.

BACA JUGA: Deteksi Dini Kanker Rahim dan Payudara, Dinkes Kabupaten Sukabumi Lakukan IVA Tes dan CBE

"Kita bisa melakukan aktivitas fisik seperti biasa dengan menjaga pola asupan gizi kita di saat berpuasa,"kata Yuni kepada sukabumiupdate.com saat Dikonfirmasi melalui ponselnya. Jum'at (18/5/2018).

Lanjut Yuni, yang terpenting adalah menjaga pola konsumsi makan saat berbuka dan sahur, jangan berlebihan. Memperhatikan gizi makanan dari yang dikonsumsi lebih penting dibandingkan kuantitas dari makanan itu sendiri.

"Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur, serta makanan dengan kandungan protein yang tinggi baik protein hewani maupun nabati,"ujarnya

Tak hanya itu sambung Yuni, kurangi makanan berlemak, serta minum air setidaknya 8 gelas sehari. 1 gelas saat anda bangun menjelang sahur, 1 gelas setelah anda makan sahur, 1 gelas setelah adzan maghrib, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas setelah makan, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, dan 1 gelas menjelang  tidur kembali.

"Upayakan minum air hangat, terutama pada saat setelah makan sahur, manfaatnya adalah untuk menggelontorkan minyak yang ada di tenggorokan. Yang pasti berpuasalah dengan ikhlas, agar mendapatkan hikmah terbaik dari puasa yang kita jalankan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI