Sukabumi Update

Awas, Makan Gorengan Saat Buka Puasa Picu Iritasi Tenggorokan

SUKABUMIUPDATE.com - Saat buka puasa dan sahur menjadi momen paling menentukan untuk membangun pertahanan tubuh setelah berpuasa hampir 14 jam sehari. Setelah belasan jam tidak mengunyah, kita diminta tidak sembarang memilih menu untuk mencegah infeksi mukosa dan tenggorok.

Dokter gigi Fiastuti Witjaksono menjelaskan, saat sahur dan berbuka, penting sekali untuk memilih makanan dan minuman yang sesuai dengan suhu tubuh normal manusia, yaitu 37 derajat Celsius. "Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin memicu reaksi stres pada mukosa tenggorok, sehingga kuman lebih mudah masuk. Hindari juga makanan berminyak seperti gorengan karena menyebabkan iritasi tenggorok," ujar Fiastuti dalam diskusi media di Jakarta pekan ini.

Mengkonsumsi menu dengan gizi seimbang saat berpuasa sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh selama beraktivitas. Fiastuti menjelaskan, saat berpuasa, waktu makan terbagi menjadi tiga, yaitu ketika sahur, buka, dan seusai salat tarawih. Saat sahur, utamakan mengkonsumsi makanan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, sayur, dan buah serta minum air putih dua-tiga gelas. Hindari minuman manis karena mempercepat rasa lapar muncul.

"Saat berbuka, awali dengan makanan atau minuman manis untuk mengganti kadar glukosa darah yang turun selama berpuasa, seperti teh manis, kurma, atau kolak," tutur Ketua Departemen Ilmu Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Fiastuti berujar, setelah itu, lanjutkan dengan makan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah serta minum tiga-empat gelas air putih. Seusai tarawih, konsumsi makanan kecil dan air putih satu-dua gelas.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI